Puasa Ayyaumul Bidh, Pahalanya Setara Melakukan Setahun Penuh

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 04:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 330 2351106 puasa-ayyaumul-bidh-pahalanya-setara-melakukan-setahun-penuh-beS603dfvN.jpg Puasa Ayyaumul Bidh 3 hari setara melakukan puasa satu tahun. (Ilustrasi: Freepik)

JAKARTA – Puasa Ayyaumul Bidh adalah puasa selama tiga hari setiap bulannya, yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 Hijriyah. Melaksanakan puasa ini secara berturut-turut setiap bulannya sama dengan berpuasa sepanjag tahun.

“Puasa tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjag tahun. (HR. Bukhari no. 1979),” dikutip dari video Instagram Ustaz Khalid Basalamah, Rabu (27/1/2021).

Dia juga menjelaskan, bagi yang tidak mampu melakukannya, puasa Ayyaumul Bidh ini bisa dilakukan kapan saja dan yang terpenting dilakukan tiga hari berturut-turut.

Baca Juga : Ini Sederet Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh Lengkap dengan Niatnya

“Misal tanggal 20, 21, 22 atau 1, 2, 3 tidak masalah, yang terpenting dilakukan tiga hari berturut-turut dalam bulan hijriyah,” jelas Ustaz Khalid Basalamah.

Berpuasa tiga hari setiap bulannya pahalanya sama dengan berpuasa selama setahun penuh. Puasa ini bisa dilakukan bertepatan pada tanggal 26, 27, dan 26 Januari 2021.

“Reminder: Puasa Ayyaumul Bidh 26, 27, 28 Januari 2021,” tulisnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalil Puasa Ayyamul Bidh tertera dalam hadis Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam:

وَإِنَّ بِحَسْبِكَ أَنْ تَصُومَ كُلَّ شَهْرٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فإن لك بِكُلِّ حَسَنَةٍ عَشْرَ أَمْثَالِهَا فإن ذلك صِيَامُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya: "Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang kaulakukan. Karena itu, maka puasa ayyamul bidh sama dengan berpuasa setahun penuh,"(HR Bukhari-Muslim).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya