Kakbah Juga Pernah Dilanda Banjir Hebat

Selasa 23 Februari 2021 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 614 2366358 kakbah-juga-pernah-dilanda-banjir-hebat-qyoZvUGqDY.jpg Ilustrasi jamaah haji pada 1905 (Image from "Sword of Islam (1905) Wollaston, Arthur Naylor, Sir, p.406/Firanda.com)

JAKARTA- Kakbah diterjang banjir juga pernah terjadi. Peristiwa itu terjadi saat Nabi Muhammad SAW berusia 35 tahun atau sekitar lima tahun sebelum beliau SAW diangkat menjadi Nabi.

Saat itu terjadi banjir hebat yang menghantam dinding-dinding Kakbah sehingga merusak pondasi Kakbah.

Saat itu di zaman Jahiliyah, Kakbah dibangun dan disusun dengan batu-batu saja tanpa ada semen atau sejenisnya yang berfungsi untuk melekatkan batu-batu tersebut.

Tinggi Kakbah juga hanya seberapa dan tidak terlalu tinggi. Pada awalnya Kakbah hanya memiliki dua sudut saja, yaitu hanya rukun yamaani dan rukun al-Hajar al-Aswad, dan bentuknya kira-kira seperti “D” (yaitu seperti huruf kapital d).

Baca Juga: Sejarah Kakbah Pernah Diterjang Banjir Hebat dan Berhasil Kembali Dibangun

Uztaz Dr Firanda Andirja MA mengisahkhan, karena kondisi Kakbah yang demikian dan tanpa adanya dinding (semacam pagar) yang mengitari dan melindunginya maka Kakbah mudah sekali terhantam oleh banjir yang turun dari gunung-gunung Makkah apabila terjadi hujan.

Dikutip dari laman Firanda  pada Selasa (23/2/2021) menyebutkan orang-orang kafir Quraisy ingin mengadakan renovasi Kakbah yaitu dengan membongkar total Kakbah. Akan tetapi mereka takut meruntuhkan Kakbah terlebih dahulu sebelum merenovasinya, mengingat 35 tahun yang lalu telah terjadi peristiwa dihancurkannya tentara bergajah milik Abrahah yang hendak merusak Kakbah.

Oleh karena itu, orang-orang Quraisy tidak ada yang berani dan takut ditimpa seperti apa yang telah menimpa Abrahah 35 tahun lalu.

Baca Juga: Dua Kebahagiaan Diraih Orang Berpuasa Ramadhan

Namun, salah seorang di antara mereka yang bernama Al-Walid Ibnul Mughirah nekat membongkar Kakbah.

Dia berkata kepada orang-orang Quraisy: أَتُرِيدُونَ بِهَدْمِهَا الإِصْلاحَ ، أَمِ الإِسَاءَةَ ؟ قَالُوا : بَلْ نُرِيدُ الإِصْلاحَ . قَالَ : فَإِنَّ اللَّهَ لا يُهْلِكُ الْمُصْلِحِينَ 

“Kalian ingin menghancurkan Kakbah dengan tujuan untuk memperbaikinya atau memperburuknya?” Jawab mereka: “Kami ingin memperbaikinya.” Kalau begitu Allah tidak akan menghancurkan orang-orang yang berbuat baik.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya