Ini Doa Buka Puasa Senin Kamis Sesuai Ajaran Rasulullah

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 330 2370361 ini-doa-buka-puasa-senin-kamis-sesuai-ajaran-rasulullah-TGIG7aMmWL.jpg Doa buka puasa. (Foto:Freepik)

JAKARTA - Doa buka puasa Senin Kamis sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW mempunyai nilai keutamaan yang tinggi. Bukan hanya puasa Senin Kamis saja, tetapi juga baik untuk puasa di bulan Ramadhan.

Adapun doa yang ajarkan Rasullulah SAW adalah:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahabzh zhoma-u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (Dahaga telah hilang, urat-urat telah basah, dan moga ditetapkan pahala insya Allah).

Baca Juga: 10 Golongan Manusia Terlibat Miras yang Akan Dilaknat Nabi Muhammad SAW

Dan amalan ini berlaku untuk puasa wajib dan puasa sunnah seperti Senin Kamis karena haditsnya adalah mutlak untuk setiap puasa.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal mengatakan inilah hadits yang shahih yang patut diamalkan. Sementara do’a “allahumma laka shumtu …” tidaklah shahih karena perawinya matruk (pendusta)

Dia juga menyebutkan dari laman Rumasyo dikutip pada Senin (1/3/2021), jika dikatakan bahwa waktu berbuka puasa adalah waktu mustajabnya do’a, maka jangan tinggalkan sunnah ini untuk memohon setiap hajat, hajat apa pun itu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya