Agar Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan, Perhatikan Tips-Tips Berikut Ini

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Minggu 11 April 2021 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 11 330 2392902 agar-khatam-al-quran-di-bulan-ramadhan-perhatikan-tips-tips-berikut-ini-8TDpXKzlM5.jpg Khatam Al-Quran bulan Ramadhan. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Agar Khatam Al-Quran bulan Ramadhan tentu ada tips -tipsnya. Memang tidak kewajiban mengkhatam Al-Quran dalam bulan Ramadhan namun patut diingat siapa banyak beramal ibadah termasuk mengaji membaca Al-Quran akan dilipatgandakan pahalanya.

Di bulan Ramadhan ini menjadi kesempatan untuk memperbanyak pundi-pundi pahala dengan banyak membaca Al-Quran karena waktu mudah dan luang cuma di bulan Ramadhan.

Lalu bagaimana kira-kira cara mengkhatamkan Al-Qur'an dalam bulan Ramadhan di antara rutinitas bekerja. Nah berikut tips mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan yakni :

Baca Juga: Jangan Sepelekan Niat Puasa Ramadhan, Jika Abai Bisa Tidak Sah

A. Al Quran terdiri dari 30 juz.

B. 1 Juz terdiri dari 20 halaman (10 lembar).

C. Buat target, tiap shalat 5 waktu untuk membaca 4 halaman (2 lembar), bisa dipilih sebelum dan sesudah shalat. Sebelum shalat membaca 1 lembar dan sesudahnya membaca 1 lembar.

D. 1 hari bisa 1 juz yang didapatkan, sebulan bisa dapat 30 juz.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِى شَهْرٍ » . قُلْتُ إِنِّى أَجِدُ قُوَّةً حَتَّى قَالَ « فَاقْرَأْهُ فِى سَبْعٍ وَلاَ تَزِدْ عَلَى ذَلِكَ »

“Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu.” (HR. Bukhari No. 5054).

Baca Juga: Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19, Saatnya Naik Kelas Jadi Manusia Mulia

Namun sebagaimana kata Imam Nawawi, “Kebanyakan ulama berpendapat bahwa tidak ada batasan hari dalam mengkhatamkan Al Qur’an, semuanya tergantung pada semangat dan kekuatan. Dan ini berbeda-beda satu orang dan lainnya dilihat dari kondisi dan person.” (Fathul Bari, 9: 97).

Abu Sa’id Al Khudri ketika ditanya firman Allah,

فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآَنِ

“Karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran ” (QS. Al Muzammil: 20). Jawab beliau, “Iya betul. Bacalah walau hanya lima ayat.” (Disebutkan dalam Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 7: 414). Semoga Allah mudahkan untuk mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya