Keistimewaan Malam Lailatul Qadar, Jaga di 10 Malam Terakhir Ramadhan

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 330 2398254 keistimewaan-malam-lailatul-qadar-jaga-di-10-malam-terakhir-ramadhan-fFoWFFs7yQ.jpg Malam Lailatul Qadar. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Keistimewaan malam Lailatul Qadar tentu sangat diraih kaum Muslimin. Pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan inilah, tepatnya di malam hari menjadi target besar meraih Lailatul Qadar.

Lantas apa saja yang dilakukan untuk meraih malam Lailatul Qadar di 10 hari terakhir bulan Ramadhan? Dijelaskan Ustadz Fauzan Amin, Lailatul Qadar adalah satu malam kemuliaan di bulan suci Ramadhan.

Jika umat Muslim mengerjakan kebaikan-kebaikan pada malam tersebut, akan mendapatkan pahala setara dengan pahala mengerjakan kebaikan selama seribu bulan lamanya.

Baca Juga: Sahur Kesiangan Apa Masih Boleh Lanjut Puasa? Ini Jawaban Ustadz Najmi!

Berikut adalah salah satu hadits Nabi s.a.w, yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a: 

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ اِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ اِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam qadar dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu". (Hadits Shahih, Riwayat al-Bukhari: 1768 dan Muslim:1268).

Baca Juga:

Selama 10 malam terakhir Ramadhan sangat dianjurkan untuk memanjatkan doa yang afdal. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memanjatkan do'a, yaitu diriwayatkan oleh lima imam hadits: 

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قُلْتُ يَارَسُوْلَ اللهِ اَرَاَيْتَ اِنْ عَلِمْتُ اَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلًةَ الْقَدْرِ مَااَقُولُ فِيْهَا. قَالَ قُوْلِى اَللَّهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Dari Syayidah 'Aisyah, r.a. Ia berkata: saya bertanya kepada Rasulullah SAW, Apa pendapat Engkau, seandainya aku menemukan malam Lailatul Qadar, maka do'a apakah yang semestinya aku ucapkan pada malam itu?

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Rasullullah SAW, menjawabnya; berdo'alah dengan mengucapkan "Ya Tuhanku, sesungguhnya Engakau Dzat Maha Pengampun, dan menyukai memberikan pengampunan kepada hamban-Nya, maka ampunilah kesalahanku." (H.R. Lima Imam hadits, kecuali imam Abu Daud).

Dari saking istimewanya malam tersebut, ada surat khusus dalam Al Quran. Isinya hanya membahas peristiwa ini yaitu surat Al- Qodr.

Bunyi doanya adalah: 

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

 Allaahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii

 Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya