Share

Pekan Emas Mulai Besok: Puasa Senin Kamis, Syawal dan Ayyamul Bidh Dapat Digabungkan

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Minggu 23 Mei 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 330 2413925 pekan-emas-mulai-besok-puasa-senin-syawal-dan-ayyamul-bidh-dapat-digabungkan-5dGGbzNkPR.jpg Puasa Sunah. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Awal pekan besok hingga ujungnya nanti menjadi pekan emas di bulan Syawal. Puasa Syawal dapat digabungkan dengan puasa Senin Kamis, atau puasa Syawal digabungkan dengan puasa Ayyamul Bidh.

Puasa Ayyamul bidh atau puasa pertengahan bulan jatuh Syawal jatuh pada 13,14,15 Syawal 1442 H atau bertepatan dengan 25, 26, 27 Mei 2021 

Apa hukum menggabungkan puasa Syawal dan puasa ayyamul bidh?. Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal menjelaskan, keutamaan puasa Syawal disebutkan dalam hadits Abu Ayyub Al-Anshari radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga: Manfaat Dzikir Pagi Amalan Mengawali Hari Setelah Sholat Subuh

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim, no. 1164)

Tentang keutamaan puasa ayyamul bidh disebutkan dalam hadits berikut. Dari Ibnu Milhan Al-Qoisiy, dari ayahnya, ia berkata:

Baca Juga: Masih Banyak Tamu Datang, Puasa Syawal Diizinkan Bisa Ditunda Dulu

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud, no. 2449; An-Nasa’i, no. 2434. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

"Kalau seseorang melakukan puasa Syawal yang tiga harinya satu niat dengan puasa ayyamul bidh, masih dibolehkan dan diharapkan dia bisa mendapatkan pahala puasa Syawal dan puasa ayyamul bidh sekaligus," ujarnya dikutip dari laman Rumaysho pada Ahad (23/5/2021)

Demikian jawaban dari Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah ketika ditanya oleh Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid hafizhahullah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini