Siang Ini Matahari Akan Tepat Berada di Atas Kakbah, Waktunya Luruskan Kiblat Sholat

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 614 2415736 siang-ini-matahari-akan-tepat-berada-di-atas-kakbah-waktunya-luruskan-kiblat-sholat-mk6p0ps1QG.jpg Matahari tepat di atas Kakbah, Kota Makkah siang ini waktu setempat. (Foto: Kemenag)

JEDDAH - Pada Kamis, 27 Mei 2021 akan terjadi fenomena yakni matahari di atas Kakbah di kompleks Masjidil Haram, Arab Saudi sekitar pukul 12:18 siang waktu setempat.

“Matahari akan berada tepat di atas Kabah sehingga pusat kiblat umat Islam di penjuru dunia itu akan kehilangan bayangannya untuk waktu yang singkat,” ungkap Majed Abu Zahra selaku Kepala Masyarakat Astronomi Jeddah.

Para astronom mengatakan fenomena langit yang disebut "bayangan nol" terjadi dua kali setiap tahun di Masjidil Haram karena lokasinya di antara Khatulistiwa dan Tropic of Cancer.

Karena kemiringan sumbu bumi, matahari bergerak pada 23,5 derajat utara dan selatan khatulistiwa angkasa. Matahari berada tepat di atas kepala di tempat-tempat yang terletak di atas ekuator selama ekuinoks.

Baca Juga: Viral Pria Tawaf Sendirian di Ka'bah, Mimpi 20 Tahun yang Jadi Kenyataan

“Orang-orang dapat menentukan arah yang tepat dari Kakbah dengan meletakkan tongkat kayu secara vertikal di tanah; arah kiblat akan berlawanan dengan bayangan tongkat,” papar Abu Zahra.

Itu artinya, inilah saatnya bagi umat Islam di penjuru dunia untuk dapat membenarkan arah kiblat sholat di masjid atau mushala agar tepat lurus menuju Kakbah. Saat itulah, bayangan benda di seluruh dunia tepat lurus mengarah ke kiblat.

Sementara itu laporan dari LAPAN menyebutkan saat matahari di atas kakbah umat Islam bisa mengecek kembali arah kiblatnya.

Matahari di atas kakbah pada akhir Mei bisa berdampak pada arah kiblat salat. Fenomena Matahari di atas Kakbah akan terjadi pada akhir bulan pukul 16.17.52 WIB, 17.17.52 WITA, dan 18.17.52 WIT.

Momentum ini jadi momentum untuk segera meluruskan arah kiblat salat. Fenomena yang dikenal sebagai Istiwa'ul A'zham atau Great Culmination terjadi saat deklinasi Matahari bernilai sama dengan lintang geografi Kakbah.

Baca Juga: Tanda Takwa Saat Gerhana Bulan, Manusia Akan Sedikit Tertawa dan Banyak Menangis

Saat tengah hari, matahari berada di atas arah kiblat salat umat Islam seluruh dunia. Setiap bayangan yang terbentuk akan mengarah ke kakbah. Sangat menakjubkan ya!

Namun menurut LAPAN, tidak semua wilayah bisa memanfaatkan fenomena alam ini. Sebagian Maluku (mulai dari Kebupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram bagian Timur, Kebupaten Kepulauan Tanimbar, dan Kabupaten Kepulauan Kei), Kita Tual, Kabupaten Maluku Barat Daya (minus Pulau Wetar), Kebupaten Kepulauan Aru, Papua Barat, dan Papua.

Nah, sebelum meluruskan arah kiblat, LAPAN minta agar masyarakat melakukan kalibrasi. Caranya dengan terlebih dahulu kalibrasikan jam menggunakan platform jam.bmkg.go.id.

Kemudian, gunakan tongkat atau bandul untuk menandai bayangan, pastikan tegak lurus dan amati pada waktu yang telah ditentukan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya