Penampilan Fisik Nabi Ibrahim dan Anaknya Nabi Ishaq Mirip, hanya Uban yang Membedakan

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 330 2416709 penampilan-fisik-nabi-ibrahim-dan-anaknya-nabi-ishaq-mirip-hanya-uban-yang-membedakan-P1lI5KKHrT.jpg Nabi Ibrahim tumbuh uban. (Foto:Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA - Tahukah penampilan fisik Nabi Ibrahim dengan dengan putranya, yakni Nabi Ishak sangat mirip, sulit membedakannya. Maka cara Allah Ta'ala membedakan keduanya yakni dengan ditumbuhkannya uban pada rambut Nabi Ibrahim. Dan ternyata manusia pertama yang beruban adalah Nabi Ibrahim Alaihi Salam.

Allah SWT memberikan uban kepada Nabi Ibrahim agar ia berbeda dengan putranya, yakni Nabi Ishaq. "Nabi Ibrahim dan Ishaq itu sangatlah mirip. Jadi Allah memberikannya pembeda, yaitu tumbuh uban di rambut Nabi Ibrahim," kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Baca Juga: Sholawat Nabi Pada Hari Jumat Pahalanya Dahsyat

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa salah satu tumbuhnya uban yaitu untuk pembeda. Seperti Nabi Ibrahim dan Nabi Ishaq Alaihi Salam.

Ia megatakan, pernah suatu hari Ishaq disapa oleh salah satu masyarakat mengucapkan 'Assalamualaikum yaa Khalilullah'. Kemudian putra Ibrahim itu terkejut karena dirinya disangka ayahnya.

Kemudian Ishaq menjawab, "Ini aku Ishaq, anak dari Ibrahim. Ia (ayahnya) lebih baik aku seperti budaknya, dan ia seperti majikannya,”

Baca Juga: Bukan Asal Hijrah Butuh Keikhlasan, Jujur dan Tinggalkan Dusta

Oleh karena itu Allah pun menumbuhkan uban di kepala kekasih Allah Subhanahu wa ta’ala itu. Melihat adanya uban di kepalanya Nabi Ibrahim sebenarnya sedih. Namun semua itu ia terima dengan ikhlas karena apa yang terjadi kepadanya, termasuk tumbuh uban adalah kehendak dari Allah.

"Nabi Ibrahim bertanya 'Ya Allah apakah ini uban?'. Kemudian Allah menjawab pertanyaan kekasihnya itu: 'Benar, itu tanda kewibawaan dan kebijaksanaan' dan Ibrahim malah meminta ditambahkan kewibawaannya itu," tuturnya.

Kisah ini juga diceritakan dalam salah satu riwayat hadist, Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda: 

كام ابراهيم أول من ضيف الضيف وأول الناس كَانَ إِبْرَاهِيمُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوَّلَ النَّاسِ ضَيَّفَ الضَّيْفَ وَأَوَّلَ النَّاسِ اخْتَتَنَ وَأَوَّلَ النَّاسِ قَصَّ الشَّارِبَ وَأَوَّلَ النَّاسِ رَأَى الشَّيْبَ فَقَالَ يَا رَبِّ مَا هَذَا فَقَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَقَارٌ يَا إِبْرَاهِيمُ فَقَالَ يَا رَبِّ زِدْنِي وَقَارًا

Artinya: "Ibrahim adalah orang pertama yang menjamu tamu, orang pertama yang berkhitan, orang pertama yang memotong kumis, dan orang pertama yang melihat uban lalu berkata: Apakah ini wahai Tuhanku? Maka Allah berfirman: kewibawaan wahai Ibrahim. Ibrahim berkata: Wahai Tuhanku, tambahkan aku kewibawaan itu." (HR. Bukhori dalam Al-Adabul Mufrod 120, Imam Malik dalam Al-Muwatto’ 9/58).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya