Tidak Melihat Langsung Hewan Kurbannya Disembelih, Bagaimana Hukumnya?

Hantoro, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 330 2426222 tidak-melihat-langsung-hewan-kurbannya-disembelih-bagaimana-hukumnya-zufEotXGSe.jpg Hewan kurban. (Foto: Okezone)

DI masa pandemi ini penyembelihan hewan kurban harus melalui aturan yang sesuai protokol kesehatan demi mencegah terjadinya persebaran covid-19. Bahkan, ada orang yang berkurban memilih tidak hadir melihat hewan kurbannya disembelih. Lantas, bagaimana hukumnya?

Pada dasarnya menyaksikan penyembelihan hewan kurban bagi yang melaksanakannya adalah sunah, bukan suatu kewajiban. Hal ini juga sebagaimana pendapat para ulama.

Baca juga: Cerita Arie Untung Jadi Khatib Idul Adha 

Syekh Dr Muhammad Al Najdi dalam fatwanya menjelaskan, "Menyaksikan kurban adalah sunah, dan saya tidak mengetahui seorang ulama pun mengatakan hal itu wajib."

Hewan kurban. (Foto: Okezone)

"Yang terpenting kita bisa memastikan bahwa kurban yang dititipkan pada lembaga tersebut dapat dipotong dan didistribusikan sesuai amanah pada yang membutuhkan," ungkap Sekretaris Dewan Syariah Dompet Dhuafa Ustadz Ahmad Fauzi Qasim dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Muslim Amerika Tak Kesulitan Peroleh Hewan Kurban di Tengah Pandemi Covid-19 

"Jadi boleh hukumnya seseorang tidak menyaksikan penyembelihan hewan kurbannya misalnya dikarenakan dia menitipkan kepada orang lain atau lembaga sosial untuk disembelih di daerah lain masyarakatnya sangat memerlukan," tambahnya.

Dia menegaskan, ketepatan pelaporan hewan kurban akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam berkurban yang telah dititipkan kepada orang lain maupun lembaga sosial.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya