5 Keutamaan Surat Ali Imran Disifati Orang Kaya hingga Didoakan Malaikat

Rusman H Siregar , Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 330 2430179 5-keutamaan-surat-ali-imran-disifati-orang-kaya-hingga-didoakan-malaikat-42g3KCzOFz.jpg Surat Ali Imran. (Foto: Freepik)

SURAT  Ali Imran adalah surat yang diturunkan di Madina terdiri dari 200 ayat dan berada diurutan ke-3 dalam Al-Quran. Isi surat ini mengandung kisah tentang keluarga Imran dan hukum-hukum syariat Islam.

Surat Ali Imran dan surah Al-Baqarah dijuluki sebagai "Az Zahrawaani" (dua yang cemerlang). Kedua surat ini menjelaskan perkara yang disembunyikan oleh Ahli Kitab seperti kelahiran Nabi Isa 'alaihis salam, kedatangan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW), perang Uhud dan Badar, penjelasan tentang keimanan, hukum-hukum syariat dan sebagainya.

Baca Juga: Hukuman Berzina, Dosa yang Ditanggung Pelakunya di Dunia hingga Akhirat

Nah, dalam Surat Ali Imran ini, Allah Ta'ala menceritakan kisah Maryam putri Imran (ibunda Nabi Isa), penciptaan langit dan bumi, kebesaran Allah serta pokok-pokok keimanan.

Berikut Keutamaannya:

1.Disifati Orang Kaya.

Dari sahabat Abdullah bin Mas'ud radhiallahu 'anhu:

Baca Juga: Perayaan Ulang Tahun Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

"Barangsiapa membaca surat Ali 'Imran maka ia adalah orang kaya, sedangkan jika ia seorang perempuan maka ia adalah orang yang berhias. Abu Muhammad berkata; Muhabbirah berarti perempuan yang berhias. (HR. Ad-Darimi No. 3261)

2.Ditulis Pahala Sholat Malam.

Dari sahabat Utsman bin Affan radhiallahu 'anhu:

"Barangsiapa yang membaca akhir surat Ali 'Imran pada malam hari, maka ditulis baginya pahala salat malam". (HR. Ad-Darimi No. 3262).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Didoakan Malaikat.

Barangsiapa yang membaca surat Ali Imran pada hari Jum'at, maka para Malaikat mendoakan untuknya sampai tiba malam hari. (HR. Ad-Darimi No. 3263).

4.Sebaik-baik Perbendaharaan.

Sebaik-baik perbendaharaan orang fakir adalah surat Ali Imran yang ia baca ketika melakukan salat di akhir malam. (HR. Ad-Darimi No. 3264).

5.Obat Bagi Penyakit Gila.

Telah menceritakan kepada kami (Muhammad bin Sa'id) telah menceritakan kepada kami (Abdus Salam) dari (Al Jurairi) dari (Abu As Salil) ia berkata, ada seseorang terluka mengeluarkan darah. Ia melanjutkan, lalu orang itu singgah di lembah Majannah, sebuah lembah yang tidak seorang pun berada di waktu sore kecuali menjadi gila, sementara di tepi lembah ada dua orang pendeta. Ketika orang itu berada di waktu sore, salah seorang pendeta berkata kepada temannya

'Demi Allah, celakalah orang itu'. Ia melanjutkan: Lalu orang itu membaca awal surat Ali Imran, maka kedua pendeta itu berkata 'Ia telah membaca sebuah surat yang baik, semoga ia selamat. Ia berkata lagi 'Maka selamatlah orang itu'. (Abu Muhammad) berkata; Abu As Salil adalah Dluraib bin Nuqair. (HR. Ad-Darimi No. 3265).Wallahu A'lam Bisshowab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya