Dari Ulos hingga Tenun, Ini Jenis Sarung Sholat di Indonesia, Mana Favoritmu?

Ahmad Haidir, Jurnalis · Sabtu 26 Juni 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 26 614 2431234 dari-ulos-hingga-tenun-ini-jenis-sarung-sholat-di-indonesia-mana-favoritmu-13BnHu8DDR.jpg Ilustrasi jenis-jenis sarung sholat di Indonesia. (Foto: Koran Sindo)

BAGI kaum Muslimin Indonesia, sarung merupakan jenis pakaian yang cukup penting dan hampir pasti digunakan ketika sholat. Setiap Muslim di Tanah Air pasti memiliki setidaknya satu lembar pakaian jenis kain ini.

Selain untuk sholat, penggunaan sarung juga tidak dapat dilepaskan dari kegiatan sehari-hari, seperti pakaian santai pengganti celana hingga untuk tidur sebagai selimut atau alas.

Seperti diketahui, ada banyak motif dan jenis kain sarung yang ada di masyarakat. Apa saja sarung tersebut? Berikut MNC Portal rangkum jenis-jenis sarung yang ada di Indonesia.

Baca juga: Sarung Identitas Santri Indonesia, Profesor Mesir: Di Sini Disebut Pakaian Jimak 

Sarung ulos. (Foto: Instagram @indraguna284)

1. Sarung ulos

Ini merupakan kain sarung khas masyarakat Sumatera Utara, khususnya Suku Batak. Kain sarung jenis ulos bercirikan motif ragi pada corak kainnya. Ragi adalah jenis motif kotak-kotak yang melambangkan maskulinitas menurut masyarakat adat dan melambangkan kesuburan serta kesepakatan. Selain itu, sarung ulos memiliki warna dominan merah dan hitam.

Dalam tradisi Batak, ulos sering digunakan sebagai hadiah pemberian. Beda motif ulos beda peruntukannya. Kain ulos parompa misalnya, diberikan oleh orangtua kepada cucunya. Lalu ada jenis ulos dengan motif ragi bintang beraturan, biasanya diberikan kepada orang yang melahirkan anak pertama.

Baca juga: Hari Sarung Nasional 3 Maret Sarat Budaya dan Tradisi 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Sarung tenun khas Bali

Disebut juga dengan sarung poleng, sarung jenis ini awalnya identik dan diperuntukkan bagi upacara keagamaan. Memiliki ciri khas motif kotak-kotak, sarung tenun khas Bali terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan warnanya yaitu hitam dan putih; putih, abu-abu, hitam; serta putih, hitam, merah.

Kini motif sarung poleng tersebut juga sudah banyak diadopsi dan digunakan sebagai sarung untuk aktivitas sehari-hari maupun beribadah kaum Muslimin.

Sarung tenun Bali. (Foto: Instagram @hns.shopbali)

Baca juga: Humor Santri: Pakai Sarung, Santri Indonesia Dikira Jimak 

3. Sarung goyor

Jenis sarung yang berasal dari Jawa Tengah ini tidak hanya banyak beredar di kalangan masyarakat Indonesia, namun juga tersohor sampai ke Timur Tengah.

Setidaknya ada dua jenis sarung tenun goyor di pasaran, yaitu goyor botolan dan goyor werengan. Perbedaan dua jenis sarung goyor ini terletak pada ragam motif, bahan, dan tentu saja harganya.

Sarung ini dibuat dengan teknik tenun yang diwariskan secara turun-temurun, dan memiliki ciri khas tersendiri dari motif dan coraknya.

Sarung goyor. (Foto: Instagram @sarung_goyor_tegal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya