Share

Alquran dan Sains yang Pertama Ungkap Relativitas Waktu, Ini Penjelasannya

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 614 2432904 alquran-dan-sains-yang-pertama-ungkap-relativitas-waktu-ini-penjelasannya-Rmot8Dn07N.jpg Ilustrasi teori relativitas waktu. (Foto: Mdjaff/Freepik)

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap perihal relativitas waktu. Teori ini sebelumnya dikenal setelah diungkapkan ilmuwan Albert Einstein pada awal abad ke-20. Kala itu ia menyatakan waktu ditentukan oleh massa dan kecepatan. Sebelumnya tidak ada yang mampu mengungkapkan fakta ini dengan jelas.

Saat itu tidak ada yang mengetahui bahwa waktu adalah sebuah konsep relatif. Waktu juga dapat berubah menyesuaikan keadaannya. Kini teori relativitas waktu menjadi fakta yang terbukti secara ilmiah.

Baca juga: Alquran dan Sains Beberkan Jantung Lebih Sehat dengan Tidur Miring Kanan 

Terkait teori relativitas waktu ini, sebagaimana dikutip dari buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan, kitab suci Alquran telah lama memberi informasi tentang waktu yang bersifat relatif dan disebutkan dalam beberapa ayat suci.

وَيَسْتَعْجِلُونَكَ بِالْعَذَابِ وَلَنْ يُخْلِفَ اللَّهُ وَعْدَهُ ۚ وَإِنَّ يَوْمًا عِنْدَ رَبِّكَ كَأَلْفِ سَنَةٍ مِمَّا تَعُدُّونَ

Artinya: "Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu." (QS Al Hajj: 47)

يُدَبِّرُ الْأَمْرَ مِنَ السَّمَاءِ إِلَى الْأَرْضِ ثُمَّ يَعْرُجُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ أَلْفَ سَنَةٍ مِمَّا تَعُدُّونَ

Artinya: "Dia mengatur urusan dari langit ke Bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu." (QS As Sajdah: 5)

تَعْرُجُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ

Artinya: "Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya 50 ribu tahun." (QS Al Ma’arij: 4)

قَالَ كَمْ لَبِثْتُمْ فِي الْأَرْضِ عَدَدَ سِنِينَ

قَالُوا لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ فَاسْأَلِ الْعَادِّينَ

قَالَ إِنْ لَبِثْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا ۖ لَوْ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: "Allah bertanya: Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di Bumi? Mereka menjawab: Kami tinggal (di Bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung. Allah berfirman: Kamu tidak tinggal (di Bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui." (QS Al Mu’minun: 112–114)

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Asal Kehadiran Air di Bumi 

Ayat-ayat tersebut menunjukkan bahwa kitab suci Alquran telah menyebutkan tentang teori relativitas waktu yang jauh sebelum ilmuwan Albert Einstein.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini