Share

Deretan Obat Herbal Berkhasiat dalam Ajaran Islam, Bisa Cegah Covid-19

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 12 Juli 2021 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 614 2439147 obat-herbal-berkhasiat-dalam-ajaran-islam-bisa-untuk-cegah-covid-19-TtFF2hjLcB.jpg Habbatussauda salah satu obat herbal yang ada dalam ajaran Islam. (Foto: One Green Planet)

DI masa pandemi covid-19 seperti saat ini menjaga kesehatan diri seakan telah menjadi prioritas utama bagi setiap orang. Berbagai cara dan upaya pun ditempuh untuk memastikan tubuh sehat. Mulai secara medis hingga pengobatan alternatif herbal.

Adapun pengobatan alternatif yang banyak dijadikan referensi orang adalah dengan mengonsumsi obat-obatan herbal yang diyakini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Misalnya membantu menguatkan imun hingga mencegah datangnya berbagai penyakit.

Baca juga: Trombosit Turun, Menstabilkan Kembali Gunakan Resep Herbal Ustadz Zaidul Akbar 

Dalam Islam terdapat obat-obatan yang telah diakui khasiatnya. Ini dijelaskan dalam kitab suci Alquran hingga hadis. Di antaranya habbatussauda atau jintan hitam hingga madu.

Selain itu, terdapat juga beberapa obat-obatan herbal berkhasiat yang ada dalam ajaran Islam, sehingga menjadi rujukan menjaga kesehatan.

Apa saja obat-obatan itu? Berikut daftarnya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

Habbatussauda

1. Jintan hitam atau habbatussauda’

Imam Bukhari meriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda yang artinya:

"Sungguh dalam habbatussauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam atau kematian." (HR Bukhari dan Muslim)

Kandungan yang terdapat dalam habbatusssauda’ atau jintan hitam seperti minyak atsiri hingga 15 jenis asam amino dan protein dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menetralisasi racun. Ini telah terbukti melalui berbagai penelitian ilmiah.

Baca juga: Puasa Ayyamul Bidh Jatuh pada Hari Tasyrik, Bolehkah Dilakukan? 

Madu. (Foto: Freepik)

2. Madu atau asl

Madu adalah salah satu obat-obatan herbal yang paling populer dan telah diakui khasiatnya secara global sejak dahulu kala. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, madu juga menjadi salah satu metode pengobatan yang digunakan oleh tentara Rusia dalam Perang Dunia II untuk mengobati luka bakar.

Adapun khasiat madu bagi kesehatan dan juga obat untuk berbagai jenis penyakit ini terdapat dalam kitab suci Alquran.

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS An Nahl: 69)

Selama masa pandemi covid-19, banyak pasien positif dianjurkan untuk mengonsumsi madu sebagai bagian dari pengobatan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Minyak zaitun

Manfaat minyak nabati yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Hal ini juga sesuai sebuah hadis mengenai manfaat minyak zaitun bagi kesehatan.

"Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah." (HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Minyak zaitun banyak digunakan sebagai obat bagi para pengidap obesitas, karena minyak zaitun memiliki manfaat yang telah terbukti secara ilmiah untuk menjaga berat badan dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, minyak zaitun juga diyakini berkhasiat bagi kesehatan rambut, kulit, dan mulut.

Minyak zaitun. (Foto: Racool Studio/Freepik)

Baca juga: 5 Gaya Kece Hijab Minimalis ala Ayudia Chaerani Bing Slamet 

4. Jahe atau zanjabil

Minuman yang sempat viral karena banyak diklaim sebagai salah satu "obat" corona ini merupakan salah satu jenis herbal yang manfaatnya dijelaskan dalam ajaran Islam.

Jahe juga tertulis dalam kitab suci Alquran, sebagaimana Firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

يُسْقَوْنَ فِيهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنجَبِيلًا

Artinya: "Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe." (QS Al Insan: 17)

Beberapa manfaat jahe yang diyakini mampu membantu tubuh menghadapi situasi pandemi covid-19 di antaranya adalah jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati gangguan akibat polusi udara, serta mencegah tenggorokan kering. Hal tersebut sesuai pendapat salah seorang cendekiawan muslim yakni Ibnu Sina.

Jahe. (Foto: Freepik)

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Senin (12/7/2021) 

Itulah beberapa obat-obatan herbal yang khasiatnya telah diakui secara medis dan juga terdapat dalam ajaran Islam.

Sebagai bentuk ikhtiar dalam menghadapi pandemi covid-19, tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi obat-obatan herbal tersebut. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini