Khotbah Arafah 2021 Tersedia dalam 10 Bahasa, Termasuk Indonesia

Hantoro, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 614 2442700 khotbah-arafah-2021-tersedia-dalam-10-bahasa-tarmasuk-indonesia-5ufAEg5gD1.jpg Ilustrasi khotbah Arafah. (Foto: MCH/Kemenag)

KEPRESIDENAN Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menyediakan layanan khotbah Arafah ibadah haji tahun ini dalam 10 bahasa. Ini termasuk bahasa Indonesia di dalamnya.

Adapun 10 bahasa-bahasa yang tersedia dalam khotbah Arafah 2021 adalah bahasa Indonesia, Inggris, Prancis, Rusia, Urdu, Persia, Bengali, Hausa, China, dan Turki. Penerjemahan ini telah dilakukan sejak musim haji 1439 Hijriah.

Baca juga: Kementerian Arab Saudi: Tidak Ada Kasus Covid-19 di Antara Jamaah Haji 

Dikutip dari laman Al-Ain, Senin (19/7/2021), khotbah Arafah dalam rangkaian puncak ibadah haji wukuf di Padang Arafah yang jatuh setiap tanggal 9 Dzulhijjah akan disiarkan melalui platform elektronik Al-Haramain dan gelombang radio FM.

Direktur Jenderal Administrasi Umum Bahasa dan Terjemahan Arab Saudi Insinyur Mashari Al-Masoudi menyatakan inovasi ini memungkinkan para jamaah untuk melakukan ibadah dengan mudah.

Jamaah haji wukuf di Arafah. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

Sementara pihak Pemerintah Arab Saudi mengungkapkan Ada berbagai tujuan khotbah wukuf di Arafah diterjemahkan dalam berbagai bahasa dunia.

"Pertama, untuk melanjutkan upaya Kerajaan Arab Saudi dalam melayani jamaah haji dan menyediakan semua sarana yang diperlukan guna memfasilitasi ibadah mereka dengan penuh manfaat," jelas pihak Pemerintah Arab Saudi.

Baca juga: Petugas Selamatkan Jamaah Haji Pakistan yang Alami Serangan Jantung Parah 

"Kedua, menunjukkan citra Islam yang benar dan moderasinya. Ketiga, menyediakan jamaah haji dan Muslim dengan materi agama dalam beberapa bahasa sesuai aturan dan pedoman yang diperlukan. Empat, memastikan penyampaian pesan Islam kepada dunia dengan menggunakan teknologi modern," lanjutnya.

Target inovasi ini adalah menyiarkan khotbah Arafah yang diterjemahkan dari bahasa Arab ke seluruh penjuru dunia dan non-Muslim lain yang tertarik mendengarkannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara bagi jamaah haji atau siapa saja yang ingin mendengarkan khotbah Arafah yang disiarkan secara langsung dengan terjemahan ke 10 bahasa dunia, termasuk bahasa Indonesia, silahkan masuk melalui tautan berikut:

https://manaratalharamain.gov.sa/

Khotbah Arafah akan disiarkan langsung dari Masjid Namirah di Arafah pada hari ini, Senin 19 Juli 2021, pukul 12.30 waktu Makkah atau 16.30 WIB.

Baca juga: Ini Bacaan Doa Terbaik di Hari Arafah 

Adapun langkah-langkah untuk mendengarkan khotbah Arafah:

1. Masuk ke tautan tersebut sebelum khotbah dimulai.

2. Pilih bahasa Anda.

3. Silakan mendengarkan khutbah Arafah.

Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala melancarkan puncak ibadah haji di Arafah serta menerima amal salih kita semua. Aamiin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya