Viral Petugas Makam Takbiran di Tengah Sibuk Bekerja, Netizen Ramai Mendoakan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 614 2444765 viral-petugas-makam-takbiran-di-tengah-sibuk-bekerja-netizen-ramai-mendoakan-PVdOqH1qUW.jpg Petugas makam covid-19. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

BEREDAR video viral petugas makam takbiran di tengah sibuk bekerja. Dilaporkan hal ini terjadi ketika menjelang hari raya Idul Adha kemarin. Mereka adalah para petugas makam yang biasa menguburkan jenazah korban covid-19.

Seperti diketahui, memakamkan jenazah menjadi pekerjaan yang sangat sibuk dilakukan belakangan ini. Kondisi tersebut dampak meningkatkan kasus covid-19 di Tanah Air. Menurut data Kementerian Kesehatan, kasus kematian akibat covid-19 mencapai angka tertinggi pada Kamis 22 Juli 2021 yakni dengan 1.449 kasus.

Baca juga: Deretan Sunah di Hari Jumat, Nomor 5 Sangat Penting Supaya Bersih dan Suci 

Di beberapa lokasi, petugas makam hanya sanggup menempatkan peti ke dalam liang lahad, namun untuk menggalinya, mereka sudah tidak kuat dan digantikan alat berat.

Dalam video viral yang beredar tersebut, petugas makam lengkap dengan APD-nya bersama-sama mengumandangkan takbir hari raya Idul Adha. Mereka duduk bersila di antara gundukkan tanah kuburan di depannya.

Gema takbir tersebut melantun terekam kamera. Mereka senantiasa meluangkan waktu untuk bertakbir hari raya di tengah kesibukannya yang belum juga usai di malam hari.

Viral petugas makam covid-19 takbiran. (Foto: Instagram @sahabatsurga)

Dari keterangan yang ada di dalam video, para petugas tersebut bisa duduk bersila saling takbiran karena tengah menunggu jenazah lain yang datang ke tempat pemakaman umum (TPU). Daripada menunggu tanpa kegiatan, akhirnya mereka memutuskan duduk bersama dan menggemakan takbir hari raya Idul Adha.

"Sementara menunggu jenazah seterusnya, kami sempat bertakbir hari raya," tulis keterangan video. Emotikon menangis menggambarkan suasana haru yang dirasakan para petugas TPU tersebut.

Baca juga: Keistimewaan Hari Jumat, 1 Salawat Akan Dibalas Berkali Lipat 

Akun Instagram @sahabatsurga membagikan ulang video itu dan banyak menuai komentar positif. Keterangan video yang dibubuhkan akun Instagram ini pun menggugah netizen lain untuk saling menguatkan di tengah situasi seperti sekarang.

"Subhanallah, semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan, kesehatan, dan limpahan rezeki kepada para pejuang dan tenaga kesehatan di mana pun berada. Aamiin ya Rabbal'alamiin."

"Semoga pandemi ini bisa segera berakhir dan kehidupan normal kembali. Aamiin," tulis admin akun Instagram.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Doa dari netizen untuk petugas makam pun banyak diungkapkan di kolom komentar.

"Ya Allah, sehatkanlah mereka, jauhkan mereka dari covid-19 ini dan lindungilah mereka dari mara bahaya apa pun itu. Panjangkan umurnya, karena ada keluarga yang menantinya di rumah. Aamiin," ungkap @rezkyyy***.

Baca juga: Viral Ikhwan Fasih Tirukan Suara Mengaji 7 Imam Besar Dunia, Netizen: Nangis Dengarnya 

"Terima kasih banyak para pahlawan. Ayah kami juga dibantu oleh mereka kemarin," komentar @revin_alham***.

"Ya Allah, semoga dapat balasan pahala yang setimpal. Aamiin," doa @nsf_110***.

"Sehat selalu buat para nakes, relawan, dan orang-orang yang terlibat dalam penanganan pandemi maupun jenazah covid-19. Semoga Allah membalas dengan beribu keberkahan," kata @elmy***.

"Sedih banget lihatnya. Semangat berjuang semuanya," komen @17wah****.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya