4.439 Pasangan Menikah Saat Pandemi Januari-Juni 2021 di Langkat dengan Prokes Ketat

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 614 2446658 4-439-pasangan-menikah-saat-pandemi-januari-juni-2021-di-langkat-dengan-prokes-ketat-6Mlxyq1F42.jpg Pasangan menikah saat pandemi Covid-19. (Foto: Freepik)

SEBANYAK 4.439 pasangan menikah di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara di masa pandemi Covid-19 atau tepatnya sejak Januari 2021 hingga Juni 2021.

Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara mencatat  tersebut berasal dari data akumulasi peristiwa nikah di 23 Kantor Urusan Agama (KUA) yang tersebar di Kabupaten Langkat.

Kasi Bimas Islam Kemenag Langkat, Samsul menjelaskan, dari 4.439 peristiwa nikah, sebanyak 1.495 peristiwa nikah terjadi di KUA, dan 2.944 lainnya terjadi di luar KUA, dengan pelayanan nikah terbanyak pada Maret 2021 yang mencapai 910 peristiwa nikah. Penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam layanan nikah tetap ditegakkan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Sandiaga Uno Ajak Hafiz dan Hafizah Doakan Indonesia Segera Pulih dari Pandemi

“Meski selama pandemi Covid-19 ini wilayah kita umumnya masuk zona hijau dan oranye, tetapi penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap kita lakukan, termasuk dalam layanan pernikahan yang dilakukan baik di KUA maupun di luar KUA yang jumlahnya mencapai ribuan,” ujar Samsul melansir laman Bimasislam pada Selasa (27/7/2021).

Dia menegaskan, peristiwa akad nikah yang dilakukan di KUA maupun di luar KUA tidak boleh melebihi ketentuan yang berlaku. Jika ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan, baik dari Kemenag RI maupun dari Pemkab tidak diindahkan, maka KUA berhak menolak untuk memberikan pelayanan.

Baca Juga: Sedekah dari Orang yang Kekurangan Nilai Keutamaanya Lebih Tinggi

Samsul menjelaskan, pihaknya juga telah mengimbau kepada seluruh KUA di wilayah Langkat untuk menyiapkan alat-alat prokes dan mewajibkan setiap KUA untuk menyiapkan tempat mencuci tangan bagi masyarakat yang datang.

“Kita juga meminta KUA untuk menyediakan masker yang nantinya diberikan kepada masyarakat yang berkunjung tetapi tidak memakai masker. Masker ini menjadi salah satu yang wajib digunakan oleh masyarakat yang berkunjung ke KUA,” katanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya