Hukum Bacaan Ikhfa, Bagian yang Perlu Diperhatikan Saat Membaca Alquran

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 330 2453952 hukum-bacaan-ikhfa-bagian-yang-perlu-diperhatikan-saat-membaca-alquran-iCh85pJZpk.jpg Hukum bacaan ikhfa saat membaca Alquran. (Foto: Unsplash)

HUKUM bacaan ikhfa saat membaca Alquran menjadi tuntunan yang harus diperhatikan. Hukum bacaan ikhfa ini menjadi bagian membaca Alquran secara tartil. Maksudnya tartil atau tajwid adalah membaguskan bacaan hurup atau kalimat-kalimat Quran satu persatu dengan terang, teratur, perlahan-lahan dan tidak terburu-buru sesuai dengan hukum tajwid.  

A. Mas'ud Sjafi'i dalam bukunya" Pelajaran Tajwid" menjelaskan hukum belajar tajwid adalah fardhu kifayah, akan tetapi mempergunakan ilmu itu dalam membaca Alquran adalah fardu ain.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa pada tiap-tiap tahun (tiap bulan Ramadhan) Rasulullah SAW sebelum wafat biasa membaca Alquran di hadapan Malaikat JIbril. Jadi marilah kita belajar membaca Alquran kepada orang yang ahli," sebutnya. 

Baca Juga: Keutamaan Puasa Senin Kamis, Wajib Diketahui Setiap Muslim

Sementara Dr. Marzuki, M.Ag., Sun Choirol Ummah, S.Ag., M.S.I. dalam bukunya "buku Dasar-Dasar Ilmu Tajwid" menjelaskan Ikhfa adalah salah satu hukum bacaan tajwid.

Ikhfa artinya menyamarkan atau membunyikan beberapa huruf tertentu ke huruf selanjutnya. Cara membacanya dengan ghunnah atau dengung.

Ikhfa artinya ketika hukum bacaan nun mati (نْ) atau tanwin (ـًـــٍـــٌ) dan hukum bacaan mim mati ( مْ ) bertemu dengan beberapa huruf ikhfa. Terdapat beberapa jenis ikhfa yaitu sebagai berikut ikhfa haqiqi dan ikhfa syafawi.

1. Ikhfa Haqiqi

Haqiqi dalam ikhfa artinya adalah menyamarkan atau membunyikan huruf nun mati (نْ) atau tanwin (ـًـــٍـــٌ) ke dalam huruf-huruf ikhfa yang ada di awal. Cara membaca ikhfa haqiqi adalah dengan menyamarkan nun mati atau tanwin dengan mendengung sepanjang dua hingga tiga harakat.

Baca Juga: Zikir Pagi Amalan Sunah, Rabu (11/8/2021)

Yang termasuk huruf-huruf ikhfa haqiqi adalah kaf ( ك ), qaf ( ق ), fa' ( ف ), zha ( ظ ), tha ( ط ), dhad ( ض ), shad ( ص ), syin ( ش ), sin ( س ), za' ( ز ), dzal ( ذ ), dal ( د ), jim ( ج ), tsa' ( ث ), dan ta' ( ت ). Berikut adalah contoh membacanya:

· وَ مِنْ دُوْنِهِمَا جَنَّتٰنِ

Dibaca: Waminng duunihimaa jannataan

Alasan:Nun mati/sukun (نْ) bertemu dengan huruf dal ( د ) 

· اِنْ كُنْتُمْ

Dibaca: In kunngtum

Alasan: Nun mati/sukun (نْ) bertemu dengan huruf kaf ( ك ) 

· بِقَلْبٍ سَلِيْمٍ

Dibaca: Biqalbinng salimin

Alasan: Tanwin ( ـــٍ ) bertemu dengan huruf sin ( س )

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Ikhfa Syafawi

Syafawi dalam ikhfa artinya adalah menyamarkan atau menyembunyikan huruf mim mati ( مْ ) ke dalam huruf ikhfa syafawi yaitu huruf ba' ( ب ). Cara membacanya adalah dengan membaca mim mati ( مْ ) dan huruf tersebut disamarkan. Tidak ada penekanan dalam yang kuat pada bibir tersebut dan juga membacanya disertai ghunnah atau dengung.

Berikut adalah contoh membacanya: 

· فَ اِذَاهُمْ بِالسَا هِرَةِ

Dibaca: Faidza hummmng bis sa hi'rah

Alasan:Mim mati/sukun ( مْ ) bertemu dengan huruf ba' (ب ). 

· يَعِظُكُمْ بِهِ

Dibaca: Ya'izhukummmng bihi

Alasan: Mim mati/sukun ( مْ ) bertemu dengan huruf ba' ( ب ) 

· تَرْ مِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ

Dibaca: Tar miihimmmbihijaa ratin

Alasan: Mim mati/sukun ( مْ ) bertemu dengan huruf ba' ( ب ).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya