Benarkah Ada Api Menyala di Dasar Lautan? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 614 2456133 benarkah-ada-api-menyala-di-dasar-lautan-ini-penjelasan-alquran-dan-sains-pOKwzLccnE.jpg Ilustrasi bawah laut. (Foto: SGR/Unsplash)

ALQURAN dan sains memberi penjelasan terkait pertanyaan: Benarkah ada api menyala di dasar lautan? Pasalnya, api umumnya padam ketika terkena air. Namun ternyata memang terdapat api muncul dari dasar lautan dan bisa tetap menyala.

Inilah fenomena yang terjadi di alam, tepatnya di dasar lautan di Bumi. Api-api tersebut keluar secara alami akibat letusan-letusan gunung api bawah laut.

Baca juga: Alquran dan Sains: Lubang Hitam Menarik Cahaya dan Benda-Benda di Langit 

Dalam buku 'Miracles of Al-Qur'an & As-Sunnah' dijelaskan asal mula ditemukannya api di dalam lautan ini. Setelah Perang Dunia II, para ilmuwan menjelajahi samudera dan lautan mencari bahan-bahan mineral yang cadangannya hampir habis.

Ilustrasi gunung di lautan. (Foto: Wirestock/Freepik)

Mereka terkejut menemukan bahwa banyak pegunungan vulkanik terbentang di seluruh lautan sepanjang ribuan kilometer yang mereka sebut sebagai pegunungan bawah laut.

Baca juga: Alquran dan Sains: Kepala serta Akal Manusia Sempurna di Usia 40 Tahun 

Dengan mempelajari bentangan pegunungan bawah laut, jelas bahwa gunung-gunung tersebut terbentuk akibat dari letusan-letusan dahsyat gunung berapi.

Pada kedalaman 1 mil di bawah laut, lahar letusan gunung api bisa meleleh keluar dan memanas hingga menyemburkan abu-abu vulkanik. Fenomena ini bisa terjadi di seluruh lautan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Gunung-gunung api di dasar samudera jumlahnya lebih banyak dan lebih aktif dibandingkan gunung-gunung api di atas daratan. Gunung api tersebut terbentang di sepanjang dasar samudera.

Sebelum manusia menemukan fakta ini dan adanya teknologi canggih untuk observasi bawah laut, kitab suci Alquran ternyata telah lama menjelaskan fenomena sains tersebut.

Baca juga: Bagaimana Bersin serta Menguap Bisa Terjadi? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

"1. Demi bukit (Sinai), 2. dan kitab yang ditulis, 3. pada lembaran terbuka, 4. demi Baitul Ma'mur (Kakbah), 5. demi atap yang ditinggikan (langit), (6) dan laut yang di dalam dasarnya ada api." (Alquran Surah At-Tur Ayat 1–6)

Fakta bahwa terdapat api di dalam lautan sudah lama disebutkan dalam kitab suci Alquran sejak 14 abad lalu. Ini jauh sebelum manusia membuat teknologi canggih untuk pengamatan atau penelitian di dasar laut.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya