Alquran dan Sains: Siwak Lebih Efektif 6-8 Jam Jaga Kesehatan Gigi

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 614 2486836 alquran-dan-sains-siwak-lebih-efektif-6-8-jam-jaga-kesehatan-gigi-Y21jZ2gTJy.jpg Ilustrasi Alquran dan sains ungkap kayu siwak efektif menjaga kesehatan gigi. (Foto: iNews)

ALQURAN dan sains kali ini membahas manfaat siwak dalam menjaga kesehatan gigi. Memelihara kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting. Sebab, berbagai macam bakteri bisa bersarang di dalamnya. Nah, Islam sendiri merekomendasikan kayu siwak sebagai alat pembersih gigi dan mulut secara alami, bahkan menjadi sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Praktisi kesehatan Dokter Gigi (drg) Carissa Grani mengatakan bahwa siwak memiliki banyak manfaat dibandingkan pasta gigi biasa. Pengetahuan ini ia peroleh setelah memutuskan menjadi mualaf pada tahun 2020 lalu, tepatnya saat pandemi covid-19 pertama kali masuk ke Indonesia.

Baca juga: Alquran dan Sains: Nyamuk Tanda Kebesaran Allah Ta'ala, Miliki Zat Pembius hingga 6 Belalai 

Ia menjelaskan, siwak merupakan bagian batang atau pohon yang telah digunakan sejak zaman dulu sekira 7.000 tahun yaitu menggunakan kayu siwak. Ada juga yang terbuat dari dahan pohon ara, pohon zaitun, pohon mint di Indonesia, pohon lemon di Afrika, tangkai kurma.

Dikutip dari kanal YouTube-nya drg Carissa Grani, Jumat (15/10/2021), pohon siwak sendiri termasuk tanaman subtropis berusia panjang, ada aroma pedasnya seperti mustard yang kita kenal. Pohonnya besar dan juga lebat.

Baca juga: Alquran dan Sains, Ini Alasan Babi Haram Dimakan Umat Islam 

Kemudian drg Carissa melanjutkan, siwak ini lebih dari sekadar pasta gigi dan sikat alami yang diciptakan langsung oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Kandungannya melebihi pasta gigi buatan manusia. Lebih dari 25 bahan aktif yang terkandung di dalamnya yang bermanfaat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut.

"Jika efektivitas pasta gigi 2 jam, siwak bisa 6–8 jam efektivitasnya Setelah pemakaian. Pada 2007, WHO juga merekomendasikan siwak sebagai alternatif sikat gigi yang sehat," tuturnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Banyak hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang menjelaskan tentang bersiwak dan ditekankan juga menjadi atau sebagai fitrah. Rasulullah bersabda:

وَعَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (( أَكْثَرْتُ عَلَيْكُمْ فِي السِّوَاكِ )) رَوَاهُ البُخَارِي .

Artinya: "Dari Anas radhiyallahu ‘anhu berkata, 'Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda: Aku perbanyak (anjuran) untuk kalian tentang bersiwak'." (HR Bukhari Nomor 888)

Baca juga: Benarkah Ada Kehidupan di Luar Angkasa? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : (( السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ )) رَوَاه ُالنَّسَائِيُّ وَابْنُ خُزَيْمَةَ فِي صَحِيْحِهِ بِأَسَانِيْدَ صَحِيْحَةٍ .

Artinya: "Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda, 'Siwak itu pembersih mulut dan (penyebab) keridaan Rabb'." (HR An-Nasai dan Ibnu Khuzaimah dalam kitab sahihnya dengan sanad yang sahih) (HR An-Nasai Nomor 5 dan Ahmad, 6:124. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadis ini sahih)

Baca juga: Terungkap! Ini Awal Mula Terbentuknya Samudera Menurut Alquran dan Sains 

"Masya Allah, jadi kalau kita bersiwak itu mendapatkan dua ganjaran sekaligus. Langsung dibalas di dunia ini, yaitu mulut menjadi bersih dan kita juga mendapatkan ridho Allah Subhanahu wa ta'ala berpahala juga," ujar drg. Carissa.

"Nabi Muhammad juga bersabda, shplat dengan bersiwak itu lebih baik daripada 70 rakaat tanpa bersiwak. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi dan imam lainnya dan dishahihkan oleh Imam Al Hakim," tambahnya.

Selain itu, keutamaan bersiwak sangat banyak, antara lain: menjadikan malaikat kagum, membuat setan marah, menggiatkan dalam beribadah karena bisa menghilangkan ngantuk, banyak ulama yang mewajibkan anak-anaknya untuk bersiwak karena itu akan mempertajam atau mencerdaskan akal.

Kemudian memfasihkan lisan, memperbanyak kebaikan dan mempermudah saat sakaratul maut mempermudah keluarnya ruh, meringankan sakit, kemudian mempermudah pelafalan syahadat.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Benarkah Laut Bergerak Dinamis? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya