Jusuf Hamka Sukses Jadi Bos Jalan Tol Usai Masuk Islam, Ternyata Ini yang Memotivasinya

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 621 2488956 jusuf-hamka-sukses-jadi-bos-jalan-tol-usai-masuk-islam-ternyata-ini-yang-memotivasinya-sZ9yVb8hIs.jpg Arie K Untung dan Jusuf Hamka. (Foto: YouTube Cerita Untungs)

JUSUF Hamka dikenal sebagai bos jalan tol yang dermawan dan gemar melakukan amalan sedekah untuk banyak orang. Tapi ternyata pengusaha sukses keturunan Tionghoa ini memiliki kisah inspiratif di balik perjalanannya memeluk agama Islam.

"Saya waktu itu masuk Islam melalui Buya Hamka tahun 1981," ujar Jusuf Hamka saat bincang-bincang dengan Arie K Untung, seperti dikutip dari kanal Cerita Untungs, Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Mantap Pakai Hijab, Mualaf Cantik Amerika Ini Hadapi Cobaan Tak Terduga 

Ketertarikan Jusuf Hamka untuk mempelajari Islam dengan Buya Hamka berawal dari kisah seorang pengusaha yang memeluk Islam di Al Azhar, yayasan yang kala itu dipimpin Buya Hamka.

"Saya baca majalah ada seorang pengusaha masuk Islam di Al Azhar. Saya sudah dikhitan (sunat) duluan, kepengin masuk Islam di Samarinda tapi belum berani karena keluarga belum Muslim. Akhirnya begitu baca itu, saya memberanikan diri datang ke sana. Waktu itu imam di sana Ustadz Zaini membawa saya ke rumah ketua Al Azhar yaitu Buya Hamka," cerita Jusuf Hamka.

Arie K Untung dan Jusuf Hamka. (Foto: YouTube Cerita Untungs)

Niat awal Jusuf Hamka adalah untuk mempelajari ajaran Islam terlebih dahulu, namun Buya Hamka memintanya segera bersyahadat.

"Saya bilang, saya mau masuk Islam. Dia bilang kamu harus masuk hari ini. Saya bilang besok, saya mau belajar dulu. Enggak boleh katanya, nanti kalau kamu pulang meninggalnya kafir, dosanya sama Buya. Ya sudah bismillah aja, langsung," lanjut Jusuf Hamka.

Baca juga: Kisah Jennifer Grout, Si Cantik Bersuara Merdu yang Mantap Jadi Mualaf 

Bahkan, nama Jusuf Hamka sendiri diambil dari nama Buya Hamka yang memutuskan untuk menjadikan Jusuf Hamka sebagai anak angkatnya, tiga bulan setelah keislaman Jusuf Hamka.

"Setelah tiga bulan masuk Islam saya dipanggil, dibuatkan syukuran. Tahu-tahu di situ diumumkan oleh almarhum Buya, beliau mengangkat saya sebagai anak ideologisnya, jadi diberikan nama Jusuf Hamka," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Mundur ke beberapa waktu sebelum Jusuf Hamka menemui Buya Hamka, Ternyata niat untuk memeluk Islam sudah ada sejak ia mendapati mayoritas teman-temanya di Samarinda beragama Islam. Jusuf Hamka mulai penasaran dengan Islam saat ia seringkali mendengar teman-temannya diperintahkan untuk sholat sebelum pergi.

"Lingkungan saya di kampung kebanyakan Muslim. Kadang kalau saya main sama teman-teman saya, orangtuanya bilang 'sholat dulu'. Saya pengin tahu sholat itu apa sih? Kalau pagi ajak olahraga, mereka disuruh (Sholat) Subuh dulu sebelum berangkat. Saya tanya, apaan sih sholat? Kata dia ucapin terima kasih sama Tuhan," ujar Jusuf Hamka kepada Arie Untung.

Baca juga: Cece Cantik Ini Yakin Jadi Mualaf Setelah Mimpi Bertemu Rasulullah 

Ia mengaku merasa lebih cocok ketika bermain dengan teman-temannya yang beragama Islam. Sampai pada akhirnya Jusuf Hamka benar-benar memeluk Islam. Ia menceritakan sempat diejek beberapa temannya.

"Dulu saya masuk Islam, teman-teman saya ngucilin saya, 'Ngapain tuh agama orang miskin.' Enak aja, kalau saya jadi kaya gara-gara Islam, nyesel lu. Eh ternyata didenger," katanya.

Baca juga: Wanita Cantik Ini Masuk Islam di Tengah Keluarga yang Semuanya Non-Muslim 

Bagi Jusuf Hamka, kesuksesan yang diterima pasti dari kasih sayang Allah Subhanahu wa ta'ala kepadanya.

"Ya kan di Islam itu kan barang siapa mengucapkan dua kalimat syahadat, itu bersih putih lagi tanpa dosa. Mungkin waktu itu saya jadi tidak berdosa disayang Tuhan ya dikasih rezeki, dilancarkan," pungkas Jusuf Hamka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya