Kisah Anak Menteri Jadi Mualaf, Cobaan Terberat Datang dari Ayah Sendiri

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 621 2492573 kisah-anak-menteri-jadi-mualaf-cobaan-terberat-datang-dari-ayah-sendiri-QSBQVfyMZo.jpg Kisah mualaf Joe Ahmed Dobson anak mantan menteri Inggris. (Foto: YouTube Hidayatullah TV)

PERISTIWA serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat (AS) secara tidak langsung telah mengubah wajah Islam dan kaum Muslimin di seluruh penjuru dunia, termasuk di Inggris. Inilah yang dirasakan anak menteri di Inggris yang menjadi mualaf.

Mengutip dari kanal Youtube Hidayatullah TV, Rabu (27/10/2021), sejumlah pengurus masjid di London mengakui adanya kecenderungan yang meningkat di kalangan masyarakat Inggris untuk mempelajari Islam sejak peristiwa tersebut.

Baca juga: Tak Sengaja ke Kajian Umi Pipik, Wanita Sopir Bus Ini Akhirnya Mantap Jadi Mualaf 

Dilansir laman Islam for Today, Nick Compton seorang warga Inggris menyebut tren semacam itu bukanlah hal yang baru yang di sana. Ia mengatakan sejumlah warga Inggris yang berdarah biru, kalangan bangsawan, bahkan memutuskan untuk menjadi seorang Muslim.

Kisah mualaf Joe Ahmed Dobson anak mantan menteri Inggris. (Foto: YouTube Hidayatullah TV)

Salah satunya Joe Ahmed Dobson. Ia merupakan putra mantan menteri kesehatan Inggris, Frank Dobson. Meski lahir dan besar di lingkungan keluarga pemeluk Kristen yang taat, Joe remaja justru memilih untuk menjadi seorang agnostik.

Baca juga: 5 Artis Ganteng Ini Ubah Penampilan Setelah Hijrah, Istikamah Ikuti Sunah Nabi 

Ajaran Islam sendiri baru dikenal oleh laki-laki kelahiran 1975 ini dari salah seorang temannya. Saat itu usianya baru menginjak 16 tahun. "Seorang teman saya memberi saya terjemahan Alquran dalam bahasa Inggris," ujar Joe, seperti dikutip Telegraph.

Dalam pandangan Joe, Islam merupakan agama yang identik dengan semua hal negatif. Namun setelah mempelajari Alquran, sudut pandang Joe mengenai Islam perlahan mulai berubah. Terlebih lagi sebuah perjalanan ke Indonesia pada tahun 1992, memberikan kesan tersendiri dalam diri Joe.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia menyaksikan secara langsung bagaimana kehidupan umat Islam di Indonesia. Pengalamannya berinteraksi langsung dengan Muslim Indonesia makin membuatnya terkesan dengan agama Islam.

Kembali dari kunjungannya ke Indonesia, Joe mengakui mulai tertarik untuk mempelajari Islam lebih mendalam. "Isinya telah mengubah persepsi saya selama ini tentang Islam," paparnya.

Baca juga: Kisah Ummu Sulaim Terima Lamaran Abu Thalhah dengan Mahar Masuk Islam 

Setelah ia memutuskan masuk Islam pada 1998, tantangan terbesar yang dihadapinya adalah keluarga, terutama sang ayah. Keputusannya menjadi Muslim memang dilakukan pada saat Frank Dobson sedang menjabat sebagai menteri kesehatan Inggris.

Guna menghindari reaksi negatif dari publik Inggris terhadap sang ayah, akhirnya ia memutuskan tidak memberitahukan perihal keIslamannya tersebut. "Saat itu saya benar-benar tidak ingin mengatakan bahwa saya adalah seorang Muslim, sampai saya merasa yakin bisa hidup dengan cara itu," tuturnya.

Baca juga: Cerita Haru Model Cantik Isya Jeeperson Jadi Mualaf Setelah Diancam Mati Ibunya 

Namun lambat laun, keluarganya pun mengetahui perihal keislaman Joe. Mereka melihat beberapa perubahan besar terjadi dalam dirinya. Itu membuat keluarganya bertanya-tanya. "Tetapi setelah saya jelaskan, mereka akhirnya pun bisa menerima," katanya.

Bahkan, ayahnya selalu membelikan buku-buku tentang Islam setiap Natal. Di kalangan Muslim Inggris, Joe Ahmed Dobson terbilang cukup vokal dalam menyuarakan kepentingan Islam. Ia juga dikenal aktif di beberapa organisasi Muslim yang berbasis di London.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya