Keutamaan Surah At-Taubah, Selengkapnya Baca di Alquran Digital Okezone

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 330 2506431 keutamaan-surah-at-taubah-selengkapnya-baca-di-alquran-digital-okezone-hqJS0tZ9qj.jpg Ilustrasi keutamaan Surah At-Taubah, bisa dibaca di Alquran Digital Okezone. (Foto: Unsplash)

KEUTAMAAN Surah At-Taubah baik untuk diketahui semua Muslim. Surat At-Taubah sendiri memiliki arti "Pengampunan". Ini merupakan surah ke-9 di dalam kitab suci Alquran. Terdiri dari 129 ayat dan tergolong surah Madaniyyah atau turun di Kota Madinah, Arab Saudi. Selengkapnya bisa juga dibaca di Alquran Digital Okezone.

Sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Rabu (24/11/2021), At-Taubah berbeda dengan surah-surah lainnya di dalam Alquran. Salah satunya, awalan surah ini tidak memakai Basmallah. Hal ini dikarenakan Surah At-Taubah adalah pernyataan perang dengan arti bahwa segenap kaum Muslimin dikerahkan untuk memerangi seluruh kaum musrikin, sedangkan basmalah bernapaskan perdamaian dan cinta kasih Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Kisah Mukjizat Nabi Musa yang Membuat Para Tukang Sihir Takluk Beriman kepada Allah Ta'ala 

Ilustrasi keutamaan Surah At-Taubah. (Foto: Unsplash)

Lebih lanjut, Surah At-Taubah diturunkan sesudah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam kembali dari Perang Tabuk. Perang ini terjadi pada tahun 9 Hijriah. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Ali Radhiyallahu Anhu pada musim haji tahun itu juga.

Tidak hanya menjelaskan tentang pertobatan, beberapa ayat Surah At-Taubah juga memiliki berbagai keutamaan atau khasiat bagi yang mengamalkannya. Berikut di antaranya:

Baca juga: 4 Keutamaan Surah Yunus, Baca di Alquran Digital Okezone 

Ayat 32–33 = Penunduk

32. Mereka berkehendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, dan Allah tidak menghendaki selain menyempurnakan cahaya-Nya, walaupun orang-orang yang kafir tidak menyukai.

33. Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al-Quran) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ayat 46 = Mengembalikan barang yang hilang

46. Dan jika mereka mau berangkat, tentulah mereka menyiapkan persiapan untuk keberangkatan itu, tetapi Allah tidak menyukai keberangkatan mereka, maka Allah melemahkan keinginan mereka. dan dikatakan kepada mereka: "Tinggallah kamu bersama orang-orang yang tinggal itu."

Ayat 51 = Menghadapi bala

51. Katakanlah: "Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal."

Baca juga: Viral Muslim Inggris Jalan ke Makkah Sambil Dorong Gerobak, Netizen: Di Akhirat Kakinya Akan Bersaksi 

Ayat 111 = Penglaris

111. Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu.

Ayat 128–129 = Husnulkhatimah

128. Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.

129. Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung."

Baca juga: Kisah Mualaf Renata Kusmanto, Belajar Mengaji dari Ibunda sang Suami Fachri Albar 

Dari ayat di atas (128) dapat dipahami tentang kesucian nasab Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang berasal dari suku-suku pilihan dari bangsa Arab, dan orang-orang Arab mengetahui tentang hal ini.

Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan dua macam sifat kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Kedua sifat itu merupakan sifat Allah sendiri yang termasuk di antaranya "asmaul husna" yaitu sifat "Ar-Rauf" (amat belas kasihan) dan sifat "Ar-Rahim" (penyayang).

Baca juga:

Sementara ayat berikutnya (129) memerintahkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dan umatnya, apabila orang-orang kafir dan munafik itu tidak juga mau beriman setelah didatangkan kepada mereka petunjuk, katakanlah kepada mereka: "Cukuplah Allah bagiku, dan Dia akan menolongku, tidak ada Tuhan yang lain yang disembah, selain Dia, hanya kepada-Nya-lah aku bertawakal dan menyerahkan diri, dan hanya Dialah yang mengatur dan mengurus alam semesta, Dia memiliki 'Arsy yang Agung."

Selain meninggal dunia dalam keadaan husnulkhatimah, terdapat keutamaan lainnya pada kedua ayat tersebut. Di antaranya adalah dapat menangkal sihir dan guna-guna. Selain itu juga memudahkan segala hajat.

Baca juga:

Dalam hadis dari Abu Ad-Darda' radhiyallahu 'anhu disebutkan bahwa: "Barang siapa yang mengucapkan zikir tersebut di subuh dan sore hari sebanyak 7 kali, maka Allah akan memberi kecukupan bagi kepentingan dunia dan akhiratnya." (HR Ibnu Sunni Nomor 71 secara marfu' (sampai pada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam), Abu Daud secara mauquf (sampai pada sahabat) (4/321, No 5081). Syekh Syu'aib dan Abdul Qodir Al Arnauth menyatakan sanad hadits ini shahih dalam Zaadul Ma’ad (2/376)

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya