3 Keutamaan Surah Ar-Ra'd, Baca Selengkapnya di Alquran Digital Okezone

Hantoro, Jurnalis · Senin 29 November 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 330 2508883 3-keutamaan-surah-ar-ra-d-baca-selengkapnya-di-alquran-digital-okezone-tpUkTfdtlH.jpg Ilustrasi keutamaan Surah Ar-Ra'd, selengkapnya baca di Alquran Digital Okezone. (Foto: Shutterstock)

SETIAP Muslim hendaknya mengetahui keutamaan Surah Ar-Ra'd. Ini merupakan surah ke-13 dalam kitab suci Alquran. Surah Ar-Ra'd memiliki arti "Guruh" dan terdiri dari 43 ayat. Surah Ar-Ra'd termasuk surah Madaniyyah atau diturunkan di Kota Madinah, Arab Saudi. Selengkapnya bisa dibaca di Alquran Digital Okezone.

Dinamakan Surah Ar-Ra'd karena di dalamnya terdapat firman Allah Subhanahu wa ta'ala yang berbunyi, "Dan guruh itu bertasbih memuji-Nya", yang menunjukkan sifat kesucian dan kesempurnaan Allah. Sebagaimana Alquran yang menjadi kabar gembira dan ancaman, guruh juga dapat menimbulkan harapan dan ketakutan.

Baca juga: Keutamaan Luar Biasa Surah Yusuf, Baca di Alquran Digital Okezone 

Adapun isi kandungan terpenting dalam Surah Ar-Ra’d adalah bahwa bimbingan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada makhluk-Nya itu berhubungan erat dengan hukum sebab-akibat (kausalitas).

Tidak ada pilih dalam pandangan Allah, siapa pun akan memperoleh balasan sesuai dengan perbuatan. Imbalan dan hukuman adalah akibat dari ketaatan dan keingkaran terhadap hukum Allah.

Ilustrasi keutamaan Surat Ar-Ra'd (Foto: Shutterstock)

Adapun keutamaan dan khasiat Surah Ar-Ra’d adalah sebagai berikut: Pertama, termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sebagai pengganti kitab Injil.

Kedua, Surah Ar-Ra’d memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah untuk wasilah agar terselamatkan dari petir, kelak masuk surga tanpa hisab, dan dapat menolong orang yang dikenalnya.

Baca juga: Keutamaan Baca Surah Al Kahfi Setiap Jumat, Buka di Alquran Digital Okezone 

Apabila berada di luar rumah, sedangkan ketika itu keadaan sedang hujan deras disertai petir menyambar-nyambar, maka bacalah Surah Ar-Ra’d Ayat 13, insya Allah dapat selamat dari terkena sambaran petir.

وَيُسَبِّحُ ٱلرَّعْدُ بِحَمْدِهِۦ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِۦ وَيُرْسِلُ ٱلصَّوَٰعِقَ فَيُصِيبُ بِهَا مَن يَشَآءُ وَهُمْ يُجَٰدِلُونَ فِى ٱللَّهِ وَهُوَ شَدِيدُ ٱلْمِحَالِ.

Artinya: "Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, dan mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dialah Tuhan Yang Maha Keras Siksa-Nya." (QS Ar-Ra’d: 13)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Abi Abdillah berkata, "Barang siapa yang bacaan terbanyaknya adalah Surah Ar-Ra’d, maka Allah tidak akan menimpakannya dengan petir, meskipun ia sedang nasib. Dan jika ia beriman, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga tanpa hisab dan ia juga dapat menolong keluarga dan saudara-saudaranya." (Tsawabul A’mal: 135)

Baca juga: Keutamaan Surah Hud, Baca Lengkap di Alquran Digital Okezone 

Ketiga, Surah Ar-Ra’d juga bisa digunakan untuk wasilah atau doa memohon agar terhindar dari penyakit dalam (khusus orang sakit). Supaya dapat terhindar dan diselamatkan dari penyakit yang berbahaya, seperti penyakit jantung, paru-paru, dan lainnya maka bacalah Surah Ar-Ra’d Ayat 28 di setiap selesai mendirikan sholat fardhu.

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Artinya: "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." (QS Ar-Ra’d: 28)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Keutamaan Surah At-Taubah, Selengkapnya Baca di Alquran Digital Okezone 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya