Share

Pindah-Pindah Agama, Diterimakah Tobatnya? Ini Kata Buya Yahya

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 330 2513828 pindah-pindah-agama-diterimakah-tobatnya-ini-kata-buya-yahya-VaEgRuAntY.jpg Buya Yahya menjelaskan hukum pindah-pindah agama. (Foto: Dok YouTube Al Bahjah TV)

AGAMA merupakan kepercayaan umat manusia serta perjalanan spiritual kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sudah sepatutnya kita sebagai Muslim meyakini serta mengimani Allah Subhanahu wa ta'ala serta Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sebagai petunjuk dalam kehidupan dunia.

Pindah agama merupakan hal yang dialami seseorang dalam perjalanan spiritual dalam menemukan kedamaian sejati mengenai dunia dan apa yang terjadi di kehidupan berikutnya. Tapi bagaimana jika seseorang pindah-pindah agama?

Baca juga: Hukum Memperbesar Alat Vital, Boleh atau Haram? Simak Penjelasan Buya Yahyaย 

Ilustrasi hukum pindah-pindah agama. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Istri Menolak Ajakan Suami Berhubungan Intim Dosa Besar? Ini Kata Buya Yahyaย 

"Yang tidak diampuni itu adalah orang yang keluar dari iman, kemudian dia mati dalam keadaan tidak beriman. Dia akan di dalam neraka selama-lamanya," ungkap Pimpinan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon KH Yahya Zainul Maโ€™arif atau akrab disapa Buya Yahya, seperti dikutip dari kanal Youtube Al Bahjah TV, Rabu (8/12/2021).

Ia juga menjelaskan orang yang murtad lalu bertobat kembali ke jalan Allah Subhanahu wa ta'ala maka pintu tobatnya akan selalu terbuka. Syaratnya, makna tobat orang tersebut karena menyesal atas perbuatannya yang keluar agama.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Buya Yahya menegaskan, "Sekarang yang perlu ditekankan makna tobat itu apa? Tobat itu menyesal. Kalau dia menyesal atas dosa yang lalu karena pindah agama itu dihancurkan patung-patung itu (simbol agama lain)."

Baca juga: Istri Belum Mandi Besar Usai Haid, Bolehkah Jimak? Ini Kata Buya Yahyaย 

Lebih lanjut lagi ia juga menjelaskan bahwa manusia yang bertobat setelah murtad harus bertobat dengan benar agar senantiasa Allah Subhanahu wa ta'ala meridhoi tobatnya.

"Hey hamba yang tergelincir dalam urusan agama lalu keluar dari Islam, kembalilah ke jalan yang telah Allah ridhoi. Setelah masuk Islam, bertobatlah dengan benar agar Allah mengampuni. Ketahuilah kalau ada orang mati dalam keadaan tidak punya iman, maka dia sengsara sepanjang masa," tutup Buya Yahya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Suami Istri Berhubungan Intim tapi Membayangkan Orang Lain, Ini Hukumnya Menurut Buya Yahyaย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini