Share

Mengapa Rasulullah Selalu Puasa Senin Kamis? Ternyata Ini Keutamaannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 15 Desember 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 330 2517492 mengapa-rasulullah-selalu-puasa-senin-kamis-ternyata-ini-keutamaannya-Pcqft8eKYX.jpg Ilustrasi puasa Senin Kamis. (Foto: Freepik)

PUASA Senin Kamis adalah amalan sunah yang sangat dianjurkan dilakukan kaum Muslimin. Pasalnya, banyak keutamaan yang akan didapat. Bahkan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun sangat menyukai puasa ini dan tidak pernah meninggalkannya.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: "Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa." (HR Tirmidzi; shahih lighairihi)

Baca juga: Simak! Lafadz Doa Buka Puasa Senin Kamis Sesuai Sunah Rasulullah 

Ilustrasi puasa Senin Kamis. (Foto: Shutterstock)

Beliau juga bersabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Artinya: "Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan." (HR Muslim)

Baca juga: Hukum Suami Minum Susu Istri, Boleh atau Haram? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah 

"Para ulama menganjurkan agar puasa tiap Senin dan Kamis, jadi ini baik untuk dilakukan," jelas Ketua Umum Wadah Silaturahim Khatib Indonesia (Wasathi) Ustadz Fauzan Amin kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia mengatakan, selain puasa, ada amalan sunah lainnya yang dianjurkan diperbanyak setiap hari Kamis, yakni sedekah. Para malaikat pun senantiasa mencatat amal baik Muslimin yang mau melaksanakan amalan ini.

"Karena pada hari inilah amalan manusia diajukan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan maksud agar dalam setiap laporan pertanggungjawaban amal manusia kepada Allah selalu diakhiri kebaikan, atau husnul khatimah," terangnya.

Baca juga: Kisah Karomah Kiai Sholeh Darat sang Guru RA Kartini, Ubah Batu Jadi Emas di Depan Penjajah 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ اْلاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلاَّ عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Artinya: "Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumuah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan." (HR Shahih Muslim)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 9 Tanda Hari Kiamat Makin Dekat, Nomor 6 Baru Saja Dialami 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini