Share

Alquran Surah An-Nahl Ayat 1-128 Lengkap Bacaan Latin hingga Artinya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 30 Desember 2021 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 614 2524703 alquran-surah-an-nahl-ayat-1-128-lengkap-bacaan-latin-hingga-artinya-1YljdZ2O1E.jpg Ilustrasi membaca Surah An-Nahl Ayat 1-128. (Foto: Unsplash)

SURAH An-Nahl memiliki arti "Lebah". Ini merupakan surah ke-16 dalam kitab suci Alquran yang terdiri dari 128 ayat. An-Nahl termasuk golongan surah Makkiyyah karena diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ketika berada di Kota Makkah.

Sebagaimana dikutip dari laman Abusyuja, Kamis (30/12/2021), dinamakan Surah An-Nahl karena di dalamnya Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, "Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah." Sesungguhnya lebah adalah hewan yang istimewa, karena menghasilkan madu yang memiliki persamaan dengan Alquran.

Baca juga: Demi Jadi Mualaf, Pria Ini Rela Jari-Jari Tangannya Dipotong sang Ayah 

Madu berasal dari bermacam-macam sari bunga dan menjadi obat bagi bermacam-macam penyakit manusia. Sedangkan Alquran mengandung intisari dari kitab-kitab yang telah diturunkan kepada para Rasul sebelumnya dan ditambah dengan ajaran-ajaran yang diperlukan dan berlaku sepanjang masa, demi menggapai Ni’am atau "nikmat-nikmat" karena di dalam surah ini memuat berbagai nikmat yang telah dianugerahkan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada hamba-hamba-Nya.

Nah, berikut ini isi Surah An-Nahl Ayat 1–128 lengkap dengan bacaan terjemahan latin dan artinya, seperti terdapat dalam Alquran Digital Okezone.

Baca juga: Unik! Abu Nawas Obati Sakit Pangeran Cuma Pakai Cerita Orang Tua 

اَتٰۤى اَمۡرُ اللّٰهِ فَلَا تَسۡتَعۡجِلُوۡهُ ؕ سُبۡحٰنَهٗ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ

1. Ataaa amrullaahi falaa tasta'jilooh; Subhaanahoo wa Ta'aalaa 'ammaa yushrikoon

Ketetapan Allah pasti datang, maka janganlah kamu meminta agar dipercepat (datang)nya. Mahasuci Allah dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.

يُنَزِّلُ الۡمَلٰۤٮِٕكَةَ بِالرُّوۡحِ مِنۡ اَمۡرِهٖ عَلٰى مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖۤ اَنۡ اَنۡذِرُوۡۤا اَنَّهٗ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنَا فَاتَّقُوۡنِ‏

2. Yunazzilul malaaa 'ikata birroohi min amrihee 'alaa mai yashaaa'u min 'ibaadiheee an anzirooo annahoo laaa ilaaha illaaa ana fattaqoon

Dia menurunkan para malaikat membawa wahyu dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, (dengan berfirman) yaitu, “Peringatkanlah (hamba-hamba-Ku), bahwa tidak ada tuhan selain Aku, maka hendaklah kamu bertakwa kepada-Ku."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ بِالۡحَـقِّؕ تَعٰلٰى عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ‏

3. Khalaqas samaawaati wal arda bilhaqq; Ta'aalaa 'ammaa yushrikoon

Dia menciptakan langit dan bumi dengan kebenaran. Mahatinggi Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Baca juga: Ini Hukum Mempoligami Dua Saudara Tiri Menurut Syariat Islam 

خَلَقَ الۡاِنۡسَانَ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ فَاِذَا هُوَ خَصِيۡمٌ مُّبِيۡنٌ

4. Khalaqal insaana min nutfatin fa izaa huwa khaseemum mubeen

Dia telah menciptakan manusia dari mani, ternyata dia menjadi pembantah yang nyata.

وَالۡاَنۡعَامَ خَلَقَهَا ۚ لَـكُمۡ فِيۡهَا دِفۡ ٴٌ وَّمَنَافِعُ وَمِنۡهَا تَاۡكُلُوۡنَ

5. Wal an 'amaa khalaqahaa; lakum feehaa dif'unw wa manaafi'u wa minhaa taakuloon

Dan hewan ternak telah diciptakan-Nya, untuk kamu padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai manfaat, dan sebagiannya kamu makan.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Kamis 30 Desember 2021M/25 Jumadil Awal 1443H 

Ayat-ayat selanjutnya dari Surah An-Nahl bisa selengkapnya dibaca dengan mengeklik tautan berikut ini: Alquran Digital Okezone.

Wallahu a'lam bihawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini