Share

7 Makanan Paling Sehat ala Ustadz dr Zaidul Akbar, Bisa Cegah Covid-19

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 616 2527686 7-makanan-paling-sehat-ala-ustadz-dr-zaidul-akbar-bisa-cegah-covid-19-o6Lt6zdWg9.jpg Ustadz dr Zaidul Akbar mengungkap deretan makanan paling sehat. (Foto: Dok YouTube dr Zaidul Akbar Official)

USTADZ dr Zaidul Akbar mengungkapkan ada tujuh makanan paling sehat yang cocok dikonsumsi selama pandemi covid-19 demi menjaga diri tetap bugar. Tentunya makanan tersebut mengandung nutrisi serta zat yang dibutuhkan tubuh.

Ustadz dr Zaidul Akbar mengatakan bahwa ketujuh makanan sehat ini sudah lama diyakini bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Apa sajakah itu? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: MUI Angkat Bicara soal Boneka Arwah, Ini Penjelasan KH Cholil Nafis 

1. Madu

Makanan sehat ala Ustadz dr Zaidul Akbar pertama ada madu. Pasalnya, madu berperan besar sebagai prebiotik bagi tubuh. Prebiotik sendiri merupakan makanan yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. Nutrisi ini akan makin bagus jika bertemu dengan makanan yang mengandung probiotik.

Ustadz dr Zaidul Akbar memberi contoh dua nutrisi ini dengan madu dan tempe. Pasalnya ketika kedua nutrisi itu disatukan, maka akan bekerja dengan baik untuk memperbaiki sistem pencernaan usus manusia.

"Probiotik makanannya prebiotik. Maka ketika madu dicampurkan ke dalam tempe, bakteri akan berkembang biak. Jika masuk ke tubuh mereka akan memperbaiki sistem di dalam usus kita," kata Ustadz dr Zaidul Akbar, dikutip dari kanal YouTube dr Zaidul Akbar Official, Rabu (5/1/2022).

2. Kurma

Makanan sehat ala Ustadz dr Zaidul Akbar selanjutnya adalah kurma. Kurma sendiri merupakan buah sunah dari baginda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sejak dahulu kala. Biasanya buah ini akan dikonsumsi umat Islam pada bulan Ramadhan.

Nah, Ustadz dr Zaidul Akbar menyarankan mengonsumsi buah ini setiap harinya. Sebab kurma memiliki kandungan serat, protein, mineral, dan tinggi akan vitamin yang tentunya akan membantu menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga: Ketika Abu Nawas Punya Cara Cerdas Jelaskan Batas Jagat Raya, Raja pun Tercengang 

3. Rempah-rempah

Makanan sehat ala Ustadz dr Zaidul Akbar berikutnya ada rempah-rempahan. Rempah-rempah yang dimaksud seperti kayu manis, cengkeh, dan pala. Selain menjaga daya imun, rempah-rempah juga dapat melawan penyakit yang disebabkan virus, bakteri, ataupun jamur.

Ustadz dr Zaidul Akbar menyarankan mencampur segala minuman dengan rempah-rempah. Misalnya teh tawar dicampur dengan kapulaga. Minuman teh itu akan memiliki dampak yang berbeda jika dicampurkan dengan gula pasir biasa.

"Jangan tinggalkan itu. Misalkan teman-teman mau minum teh, coba dimasukin rempah di situ. Pemanisnya jangan pake gula, pake madu kalau ada atau lebih baik tidak usah sekalian," papar Ustadz dr Zaidul Akbar.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Rimpang

Makanan sehat ala Ustadz dr Zaidul Akbar selanjutnya adalah rimpang. Rimpang merupakan tanaman yang batangnya berasal dari dalam tanah seperti jahe, kunyit, lengkuas, dan temulawak. Rimpang sangat baik untuk menjaga tubuh dari virus covid-19 dan menangkal berbagai penyakit.

"Selain dapat menjaga daya imun, rimpang juga baik untuk menjaga dan menangkal penyakit yang sedang booming di dunia yakni corona virus disorder atau yang biasa kita tahu covid-19," tutur Ustadz dr Zaidul Akbar.

Baca juga: Muslim yang Taat, Asnawi Mangkualam Ungkap Cobaan Terberat Berkarier di Luar Negeri 

5. Probiotik

Makanan sehat ala Ustadz dr Zaidul Akbar berikutnya adalah probiotik. Probiotik biasanya berasal dari makanan yang sudah difermentasi, salah satunya tempe. Selain itu, ada juga makanan paling sehat yang sudah di akui di dunia, yaitu kimchi.

Ya, makanan khas dari Korea Selatan itu termasuk asupan probiotik ini. Ustadz dr Zaidul Akbar menyarankan untuk rutin memakan makanan probiotik ini agar tubuh tetap sehat dan daya tahannya kuat.

6. Prebiotik atau asam amino

Makanan sehat ala Ustadz dr Zaidul Akbar lainnya adalah prebiotik. Kandungan prebiotik ini dapat menunjang kebutuhan daya tahan tubuh manusia di masa pandemi.

Nah, untuk memiliki metabolisme yang baik, tubuh membutuhkan asam amino dari zat-zat makanan yang mudah diserap. Contoh makanan prebiotik atau asam amino ini adalah sayur dan buah-buahan. Ustadz dr Zaidul Akbar menyarankan untuk mengonsumsi kedua makanan itu setiap harinya.

Baca juga: Masya Allah, Ini Rahasia KH Ma'ruf Amin Tetap Bugar di Usia 78 Tahun 

7. Manggis

Makanan sehat ala Ustadz dr Zaidul Akbar terakhir adalah buah manggis. Khasiat buah manggis memang tidak perlu diragukan lagi. Buah ini memiliki kaya manfaat, mulai dari kulit, buah, hingga bijinya pun dapat dijadikan obat.

Ustadz dr Zaidul Akbar bahkan menyarankan kaum Muslimin membuat jus manggis beserta bijinya lantaran gizinya yang begitu banyak. "Jadikan manggis sebagai camilan, makanlah dengan bijinya," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini