Share

Hukum Menikahi Anak Angkat Menurut Islam, Boleh atau Haram?

Hantoro, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 614 2530965 hukum-menikahi-anak-angkat-menurut-islam-boleh-atau-haram-dewvQL4jjd.jpg Ilustrasi hukum menikahi anak angkat menurut Islam. (Foto: Unsplash)

HUKUM menikahi anak angkat banyak ditanyakan kaum Muslimin. Bagaimana menurut pandangan ajaran agama Islam, apakah diperbolehkan atau haram?

Sebagaimana dihimpun dari laman Konsultasisyariah, Rabu (12/1/2022), Ustadz Ammi Nur Baits ST BA menerangkan terkait hukum menikahi anak angkat menurut syariat Islam ada hal-hal penting yang mesti diperhatikan.

Baca juga: Hukum Meminum Obat Kuat bagi Suami Menurut Syariat Islamย 

Pertama: Dalam aturan Islam, pengangkatan anak tidaklah mengubah nasabnya. Artinya, si anak tetap dinasabkan ke orangtua aslinya. Dikarenakan anak angkat tidak berubah nasab, maka pengangkatan anak juga tidak bisa mengubah status mahram.

Aturan ini telah Allah Subhanahu wa ta'ala tegaskan melalui firman-Nya:

ุงุฏู’ุนููˆู‡ูู…ู’ ู„ูุขุจูŽุงุฆูู‡ูู…ู’ ู‡ููˆูŽ ุฃูŽู‚ู’ุณูŽุทู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆุง ุขุจูŽุงุกูŽู‡ูู…ู’ ููŽุฅูุฎู’ูˆูŽุงู†ููƒูู…ู’ ูููŠ ุงู„ุฏูู‘ูŠู†ู ูˆูŽู…ูŽูˆูŽุงู„ููŠูƒูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุฌูู†ูŽุงุญูŒ ูููŠู…ูŽุง ุฃูŽุฎู’ุทูŽุฃู’ุชูู…ู’ ุจูู‡ู ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ู…ูŽุง ุชูŽุนูŽู…ูŽู‘ุฏูŽุชู’ ู‚ูู„ููˆุจููƒูู…ู’ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุบูŽูููˆุฑู‹ุง ุฑูŽุญููŠู…ู‹ุง

"Panggilah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka; Itulah yang lebih adil di sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, panggilah mereka sebagai saudara-saudaramu seagama atau maulamu. Tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Al Ahzab: 5)

Sejatinya aturan ini menghapus aturan di masa jahiliyah. Bahwa anak yang diadopsi statusnya sama dengan anak kandung, sehingga orangtua angkat bisa menjadi mahram bagi anak angkatnya. Aturan ini tetap berlaku hingga Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan firman-Nya di Surat Al Ahzab.

Dahulu Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam memiliki anak angkat bernama Zaid. Hingga masyarakat menyebutnya Zaid bin Muhammad. Padahal, nama ayahnya yang asli adalah Haritsah.

Baca juga: Terkait Kasus Herry Wirawan, Ini Pandangan Islam Mengenai Hukuman Kebiriย 

Sampai akhirnya Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan Ayat 5 Surat Al Ahzab tersebut. Kemudian mereka tidak lagi menyebutnya Zaid bin Muhammad tapi Zaid bin Haritsah. Sebagaimana yang diceritakan Ibnu Umar:

ู…ุง ูƒู†ุง ู†ุฏุนูˆ ุฒูŠุฏ ุจู† ุญุงุฑุซุฉ ุฅู„ุง ุฒูŠุฏ ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุญุชู‰ ู†ุฒู„ุช: โ€ุงุฏุนูˆู‡ู… ู„ุขุจุงุฆู‡ู…

"Kami tidak pernah memanggil Zaid bin Haritsah, namun Zaid bin Muhammad, sampai Allah menurunkan firman-Nya di Surat Al Ahzab Ayat 5." (HR Bukhari)

Aturan terakhir inilah yang kaum Muslimin berlakukan. Surat Al Ahzab turun sekira tahun 5 atau 6 Hijriah, bersamaan dengan pernikahan Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam dengan Zainab bintu Jahsy radhiyallahu โ€˜anha.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Supaya tidak rancu, jelas Ustadz Ammi Nur Baits ST BA, anak angkat di masyarakat saat ini ada dua:

1. Anak angkat yang sebelumnya adalah mahram. Misalnya, keponakan atau anak persusuan.

2. Anak angkat yang sebelumnya bukan mahram. Sekalipun dia hidup bersama orangtua asuh, statusnya tetap bukan mahram.

Baca juga: Hukum Bayi Tabung Menurut Syariat Islamย 

Baca juga: Hukum Mencukur Bulu Ketiak Menurut Islam, Wajib atau Sunah?ย 

Kedua: Islam mengizinkan lelaki untuk menikahi wanita selama dia bukan mahramnya dan bukan wanita yang dilarang untuk dinikahi sementara.

Dengan demikian, selama anak angkat itu bukan mahram bagi ayah angkatnya, maka boleh dinikahi, tentu saja dengan izin walinya, yaitu ayah kandung anak tersebut.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini