Share

Hukum Baca Alquran tapi Tidak Menutup Aurat, Ini Kata Ustadz Ammi Nur Baits

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 330 2533239 hukum-baca-alquran-tapi-tidak-menutup-aurat-ini-kata-ustadz-ammi-nur-baits-Ltyg74251Q.jpg Ustadz Ammi Nur Baits ST BA. (Foto: Instagram @amminurbaits)

KETIKA berdoa maupun membaca kitab suci Alquran, pastinya seorang Muslimah harus berusaha menutup aurat, baik memakai jilbab atau mukena. Hal ini lumrah dilakukan dan terkesan wajib untuk melakukannya. Tapi, apakah boleh tidak menutup aurat saat berdoa maupun membaca Alquran?

Ustadz Ammi Nur Baits ST BA mengatakan diperbolehkan tidak memakai jilbab atau mukena saat berdoa dan membaca Alquran. Ini karena bukan kewajiban atau tidak diharuskan.

Baca juga: Hafizul Quran Taqy Malik Lelang Jam Tangan Rp1,1 Miliar untuk Bangun Masjid, Dimenangkan Juragan 99 

Baca juga: Viral Gadis Cantik Tetap Setor Hafalan Alquran ke Ibunya meski Lagi Main, Netizen: Keren Maksimal 

"Jawabannya boleh, karena bukan syarat untuk membaca Alquran, maupun berdoa harus menutup aura," katanya, seperti dikutip dari akun Instagram @amminurbaits, Senin (17/1/2022).

Ia melanjutkan, akan tetapi saat berdoa dan membaca Alquran alangkah lebih baik menutup aurat yakni sebagai bentuk memuliakan amal salih yang sedang dilakukan. Terlebih lagi aktivitas tersebut tengah bermunajat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Sehingga sebaiknya mukena tidak dilepas, kalau ingin maksimal dalam berdoa dan membaca Alquran," terang Ustadz Ammi Nur Baits.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ustadz Ammi Nur Baits mengatakan, ulama besar Arab Saudi Syekh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin pernah ditanya tentang hukum wanita yang membaca Alquran tanpa memakai jilbab. Apakah semacam ini dibolehkan?

Baca juga: Terungkap! Sosok Penting di Balik Hijrahnya Hercules Jadi Mualaf 

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Dapat Banyak Uang dari Balsam yang Digosok ke Gajah 

Beliau menjawab, "Untuk membaca Alquran, tidak ada persyaratan bagi wanita untuk menutup kepalanya. Karena tidak disyaratkan untuk menutup aurat ketika membaca Alquran. Berbeda dengan sholat. Sholat seseorang bisa tidak sah kecuali dengan menutup aurat."

Oleh karena itu, jika Anda dalam perjalanan dan ingin membaca Alquran, tapi tidak dalam keadaan berhijab, masih diperbolehkan. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, terkecuali sholat, maka hukumnya wajib menutup seluruh aurat bagi Muslimah, selain wajah dan telapak tangan yang boleh terlihat.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini