Share

Dulu Jualan Nasi, TKI Ini Sekarang Sukses Jadi Bos Travel di Arab Saudi

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 614 2534048 dulu-jualan-nasi-tki-ini-sekarang-sukses-jadi-bos-travel-di-arab-saudi-2thVDcaN5N.jpg Kisah Bahrawi TKI sukses bos travel di Arab Saudi. (Foto: YouTube Faiz Slamet)

KISAH tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Arab Saudi penuh ragam. Banyak pula yang mampu bertahan hingga meraih kesuksesan di Tanah Suci tersebut.

Seperti halnya seorang pria bernama Bahrawi. Saat ini ia memang telah merasakan indahnya bergelimang harta, tapi dahulu Bahrawi pun pernah memulai karier dari bawah, tepatnya berawal dari jualan nasi.

Baca juga: Cerita Haji Romli, TKI Sukses Penjual Nasi Kucing dan Pemilik Minimarket Terkenal di Arab Saudi 

Bahrawi mengaku sedari kecil telah tinggal di Kota Jeddah, Arab Saudi, bersama keluarganya. Sejak tahun 1988, keluarga Bahwari memiliki sebuah restoran bernama 'Bukhori'.

Meskipun keluarganya memiliki bisnis rumah makan, hal ini tidak lantas menjadikan Bahrawi menyepelekan hidupnya. Ia turut bekerja pada restoran milik keluarga.

"Saya ingat, walaupun kami keluarga, tetap digaji. Karena waktu itu sulit sekali cari orang Indonesia yang bisa bekerja," ujar Bahrawi, seperti dikutip dari kanal YouTube Faiz Slamet, Selasa (18/1/2022).

Kisah Bahrawi TKI sukses bos travel di Arab Saudi. (Foto: YouTube Faiz Slamet)

Bahrawi tidak merasa bahwa ketika itu dia sudah sukses. Sebab baginya, restoran tersebut bukanlah miliknya, melainkan milik keluarga.

Hingga pada akhirnya ia pun mulai melakoni pekerjaan lain di Arab Saudi yakni menjadi seorang mutawif atau pembimbing haji dan umrah. TKI sukses ini mengaku pernah membimbing ibadah haji dari salah satu mantan menteri kesehatan era tahun 1990-an yakni Sujudi.

Baca juga: Kisah Umi Fared TKW Asal Madura Jadi Kaya Raya Usai Dinikahi Saudagar Arab Saudi 

Bermula dari terjun ke dunia umrah dan haji, Bahwari kemudian bekerja sama dengan salah satu perusahaan Arab Saudi. Kini dirinyalah yang mengelola perusaan tersebut.

"Kami punya partner di Indonesia sekitar 18 agen travel umrah dan haji," papar Bahrawi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Seiring berjalannya waktu, perusahaan yang dikelola Bahrawi makin berkembang dengan mengakomodasi semua keperluan jamaah umroh dan haji seperti katering, hotel, transportasi, dan lain-lain.

Tidak tanggung-tanggung, pendapatan yang mampu dia hasilkan perbulannya bisa mencapai 300.000 atau sekira Rp1,1 miliar.

Baca juga: Giat Bekerja, TKI Asal Lamongan Ini Sukses Jadi Bos Toserba di Arab Saudi 

Selain berbisnis di Arab Saudi, Bahwari juga melebarkan sayap di Indonesia. Dia sudah memilliki supermarket, laundry, agen travel, hingga kontrakan.

Bahrawi lantas membagikan kunci sukses yang selalu dipegang hingga saat ini. Bagi dirinya, sukses itu mudah, asalkan pintar mencari relasi dan teman yang baik.

Baca juga: Viral TKI Kerja Keras Sampai Punya Peternakan di Saudi, Netizen: Sangat Menginspirasi 

"Usaha enggak perlu kita yang modal. Kalau kita baik, kita ikhlaskan semua yang terjadi, Allah Subhanahu wa ta'ala akan menolong, semua orang akan datang membantu kita," tukasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini