Share

Sejarah Makkah Jadi Kota Paling Suci di Dunia, 2 Hal Ini yang Mendasarinya

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 330 2534332 sejarah-makkah-jadi-kota-paling-suci-di-dunia-2-hal-ini-yang-mendasarinya-NRSDZESIrX.jpg Makkah kota paling suci di dunia. (Foto: Shutterstock)

MAKKAH di Arab Saudi adalah tempat yang paling ingin dikunjungi kaum Muslimin. Kota ini adalah tempat paling suci karena adanya Kakbah yang menjadi kiblat ibadah umat Islam.

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) Kementerian Agama KH Dr Muchlis M Hanafi MA membeberkan alasan Makkah menjadi kota paling suci di dunia.

Baca juga: Hebat! Abu Nawas Bisa Memenjarakan Angin, tapi Malah Bikin Raja Kebauan 

Pertama: Di Makkah pertama kalinya rumah ibadah didirikan di dunia ini yaitu Kakbah (Baitullah).

"Sehingga kemudian Kota Makkah itu dengan keberadaan Kakbah menjadi pusat peribadatan umat Islam, dan karena orang berhaji kemudian jadi pusat peradaban dunia," ujar KH Muchlis saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Kedua: Makkah telah disucikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Ini dijelaskan dalam satu riwayat sejak bumi dan langit diciptakan. Riwayat lainnya yaitu mengatakan Nabi Ibrahim Alaihissallam berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar Makkah menjadi kota yang suci.

"Dan itu tidak dimiliki kota lain, selain Madinah. Madinah pun disucikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, sampai sekarang terpelihara. Batas-batasnya ada sejak zaman Nabi Ibrahim Alaihissallam dulu," kata penerjemah Presiden Joko Widodo ini.

Baca juga: Yakin 100% Islam Agama Paling Benar, Bule Cantik Ini Mantap Jadi Mualaf 

Di dalam Makkah itu terdapat keutamaan sendiri. Contohnya, burung dara atau merpati yang ada di sana lebih jinak dari sejenisnya di tempat lain. Ini karena burung itu tahu jika orang yang ada di dalamnya (Makkah) tidak akan memburunya.

"Hewan saja sampai merasakan kesucian Kota Makkah," kata KH Muchlis.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Jadi menurut dia, Kota Makkah jadi kawasan strategis karena menjadi pusat peribadahan serta pusat peradaban dunia. Kota suci ini menjadi magnet dan masih terasa sampai sekarang.

"Itu berkat doa-doa para nabi, diperintahkan Allah untuk memanggil manusia agar datang berhaji," terang KH Muchlis.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Rabu 19 Januari 2022M/16 Jumadil Akhir 1443H 

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Rabu 19 Januari 2022M/16 Jumadil Akhir 1443H 

Ajaibnya lagi, sebagaimana dijelaskan dalam 'Buku Pintar Sains dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman tentang Kota Makkah dalam ayat suci Alquran:

وَهَٰذَا كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ مُصَدِّقُ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَلِتُنْذِرَ أُمَّ الْقُرَىٰ وَمَنْ حَوْلَهَا ۚ وَالَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْآخِرَةِ يُؤْمِنُونَ بِهِ ۖ وَهُمْ عَلَىٰ صَلَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ

"Dan ini (Alquran) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Makkah) dan orang-orang yang di luar lingkungannya. Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (Alauran) dan mereka selalu memelihara sembahyangnya." (QS Al An'am: 92)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini