Share

Alquran Surat As-Sajadah Ayat 1-30 Lengkap Bacaan Arab, Terjemahan, Arti, hingga Keutamaannya

Hantoro, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 07:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 614 2537845 alquran-surat-as-sajadah-ayat-1-30-lengkap-bacaan-arab-terjemahan-arti-hingga-keutamaannya-htePmAp3i0.jpg Ilustrasi membaca Surat As-Sajadah Ayat 1-30. (Foto: Unsplash)

SURAT As-Sajadah berada di urutan ke-32 di dalam kitab suci Alquran. Berisi 30 ayat, Surat As-Sajadah memiliki arti "Sujud". Lalu termasuk golongan surat Makkiyyah karena diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wassallam di Kota Makkah, Arab Saudi.

Sebagaimana dikutip dari laman Abusyuja, Rabu (26/1/2022), dinamakan Surat As-Sajadah karena terdapat ayat sajadah yaitu pada ayat ke-15. Adapun keutamaan surat ini adalah mengetahui pokok kandungannya yang sangat penting.

Baca juga: Ada Maling Kabur ke Barat, Abu Nawas Kok Malah Cegatnya di Timur? 

Di antaranya adalah (1) Aturan mendirikan sholat malam (tahajud dan witir); (2) Menjelaskan proses kejadian manusia di dalam rahim sampai menjadi manusia; (3) Menjelaskan tentang keadaan orang mukmin di dunia dan nikmat yang diperoleh di akhirat; (4) Menceritakan kehinaan yang menimpa orang kafir di akhirat hingga mereka memohon dikembalikan ke dunia; (5) Menyatakan tentang Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam benar-benar seorang rasul dan menjelaskan bahwa belum diutus seorang rasul pun kepada kaum musyrik Makkah; (6) Menjelaskan bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala adalah penguasa alam semesta dan mengatur dengan aturan yang sempurna.

Langsung saja, berikut ini Surat As-Sajadah Ayat 1–30 lengkap dengan bacaan Arab, terjemahan latin, beserta artinya; seperti terdapat dalam Alquran Digital Okezone.

Baca juga: Kisah Bule Cantik Bersama Anak-anaknya Masuk Islam, Langsung Mantap Kenakan Hijab 

الٓمّٓ

1. Alif-Laaam-Meeem

Alif Lam Mim

تَنۡزِيۡلُ الۡكِتٰبِ لَا رَيۡبَ فِيۡهِ مِنۡ رَّبِّ الۡعٰلَمِيۡنَؕ

2. Tanzeelul Kitaabi 'laaraiba feehi mir rabbil 'aalameen

Turunnya Al-Qur'an itu tidak ada keraguan padanya, (yaitu) dari Tuhan seluruh alam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

اَمۡ يَقُوۡلُوۡنَ افۡتَرٰٮهُۚ بَلۡ هُوَ الۡحَقُّ مِنۡ رَّبِّكَ لِتُنۡذِرَ قَوۡمًا مَّاۤ اَتٰٮهُمۡ مِّنۡ نَّذِيۡرٍ مِّنۡ قَبۡلِكَ لَعَلَّهُمۡ يَهۡتَدُوۡنَ‏

3. Am yaqooloonaf taraahu bal huwal haqqu mir rabbika litunzira qawma maaa ataahum min nazeerim min qablika la'allahum yahtadoon

Tetapi mengapa mereka (orang kafir) mengatakan, "Dia (Muhammad) telah mengada-adakannya." Tidak, Alquran itu kebenaran (yang datang) dari Tuhanmu, agar engkau memberi peringatan kepada kaum yang belum pernah didatangi orang yang memberi peringatan sebelum engkau; agar mereka mendapat petunjuk.

Baca juga: Rasulullah Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang, Ternyata Ini Manfaatnya 

اَللّٰهُ الَّذِىۡ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ وَمَا بَيۡنَهُمَا فِىۡ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسۡتَوٰى عَلَى الۡعَرۡشِؕ مَا لَكُمۡ مِّنۡ دُوۡنِهٖ مِنۡ وَّلِىٍّ وَّلَا شَفِيۡعٍؕ اَفَلَا تَتَذَكَّرُوۡنَ

4. Allaahul lazee khalaqas samaawaati wal arda wa maa bainahumaa fee sittati ayyaam;Thummas tawaa 'alal 'arsh; maa lakum min doonihee minw-wwaliyyinw-wala shafee'; afala tatazakkaroon

Allah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Bagimu tidak ada seorang pun penolong maupun pemberi syafaat selain Dia. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?

يُدَبِّرُ الۡاَمۡرَ مِنَ السَّمَآءِ اِلَى الۡاَرۡضِ ثُمَّ يَعۡرُجُ اِلَيۡهِ فِىۡ يَوۡمٍ كَانَ مِقۡدَارُهٗۤ اَلۡفَ سَنَةٍ مِّمَّا تَعُدُّوۡنَ

5. Yudabbirul amra minas samaaa'i ilal ardi Thumma ya'ruju ilai Thumma ya'ruju ilaihi fee yawmin kaana miqdaaruhoooo alfa sanatim mimmaa ta'uddoon

Dia mengatur segala urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Rabu 26 Januari 2022M/23 Jumadil Akhir 1443H 

Ayat-ayat selanjutnya dari Surat As-Sajadah bisa selengkapnya dibaca dengan mengeklik tautan berikut ini: Alquran Digital Okezone.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini