Share

Simak! 2 Tips Membangun Rumah Tangga Surgawi ala Syekh Muhammad Jaber

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2022 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 616 2544406 simak-2-tips-membangun-rumah-tangga-surgawi-ala-syekh-muhammad-jaber-vzuB3NxGrt.jpg Syekh Muhammad Jaber memberikan tips membangun rumah tangga surgawi. (Foto: YouTube iNews Religi)

SYEKH Muhammad Jaber, adik dari ulama besar Syekh Ali Jaber rahimahullah, membagikan tips membangun rumah tangga surgawi. Satu hal yang menjadi kunci utama dalam tips ini adalah menaati Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Syekh Muhammad Jaber mengatakan bahwa kehidupan kaum Muslimin tidak akan bahagia jika tak mengikuti anjuran-anjuran Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Ini adalah hal mutlak yang harus dijadikan prinsip hidup umat Islam.

Baca juga: Kisah Lucu Abu Nawas Menangkap Harimau Berjenggot Genit yang Menggoda Istrinya 

"Enggak mungkin kehidupan kita menjadi bahagia, tenang, tenteram, kecuali kita mengikuti aturan Allah Subhanahu wa ta'ala," kata Syekh Muhammad Jaber, dikutip dari kanal YouTube iNews Religi, Rabu (9/2/2022).

Oleh karena itu, setiap hari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam selalu menganjurkan umatnya membaca doa: "Radhitu Billahi Rabba wa bil Islami dina wa bimukhammadin Shallallahu ‘Alaihi Wa sallama Nabiyya." Artinya: "Aku rela Allah menjadi Tuhanku, Islam agamaku, dan Nabi Muhammad Nabiku."

Ini tentu saja berkaitan dengan tips membangun rumah tangga surgawi. Semua hal yang ada di dunia ini tidak akan lepas dari ajaran Islam, termasuk hubungan suami istri. Lantas apa saja tips itu? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Memenuhi hak dan kewajiban

Syekh Muhammad Jaber menjelaskan bahwa pasangan suami istri harus saling memenuhi hak dan kewajiban. Seorang suami harus menjalankan perannya sebagai kepala keluarga, begitupun sang istri wajib selalu siap melayani suaminya. Dengan demikian, kehidupan rumah tangga akan aman dan tenteram.

"Kalau setiap orang masing-masing memenuhi hak dan kewajiban, insya Allah aman, kehidupannya tenang, surgawi," ujar Syekh Muhammad Jaber.

Meski suami dan istri memiliki hak dan kewajiban, suami mempunyai kelebihan sendiri atas istrinya. Sebagaimana Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, "Dan mereka (para perempuan) memiliki hak seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang pantas. Tetapi para suami mempunyai kelebihan di atas mereka. Allah Maha Berkuasa, Maha Bijaksana." (QS Al Baqarah: 228)

Oleh karena itu, seorang suami harus menjadi pemimpin yang baik dalam keluarga. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku." (HR Tirmidzi)

Hal ini menunjukkan sebaik apa pun seorang suami di luar rumah, tidak akan dianggap baik, sebab letak terbaik suami adalah bagaimana perlakuannya kepada keluarga.

Baca juga: Kisah Mualaf Gadis Cantik Mantan Ateis, Berawal Anggap Orang Beragama Bodoh 

Sementara itu, seorang istri akan mendapatkan pahala dan masuk surga jika taat kepada suami, disusul sholat lima waktu, berpuasa, serta menjaga kemaluannya. Sebagaimana Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda:

"Jika seorang wanita selalu menjaga sholat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan benar-benar taat pada suaminya; maka dikatakan kepada wanita yang memiliki sifat mulia ini, 'Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka'." (HR Ahmad dan Ibnu Hibban)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Selalu menjaga rahasia

Selain memenuhi hak dan kewajiban, baik suami maupun istri juga harus saling menjaga aib masing-masing. Ya, kehidupan suami istri memang tidak lepas dari sebuah masalah. Akan tetapi, permasalahan tersebut harus dijadikan rahasia yang tidak boleh diceritakan kepada orang lain.

"Agar kehidupan kita tenang, jagalah rahasia, jangan suka membuka, jangan suka curhat," terang Syekh Muhammad Jaber.

Baca juga: Waspada! Percaya Ramalan dan Dukun, Sholat Tidak Diterima 40 Hari 

Hal ini telah dijelaskan dalam hadis dari Abu Sa'id al-Khudriy, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Sesungguhnya manusia yang paling jelek kedudukannya di hari kiamat adalah seorang laki-laki (suami) yang bercampur (bersetubuh) dengan istrinya, kemudian membeberkan rahasia istrinya tersebut." (HR Muslim)

Begitu pula sebaliknya apabila sang istri menceritakan aib suaminya, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Tidaklah seorang hamba menutupi (aib) seorang hamba (yang lain) di dunia melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat." (HR Muslim)

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Rabu 9 Februari 2022M/8 Rajab 1443H 

Menutupi kekurangan pasangan adalah karunia tersendiri bagi umat Muslim. Dianjurkan ketika pasangan suami istri menghadapi masalah maka harus lebih sabar dan terus berdoa. Melalui doa, niscaya Allah Subhanahu wa ta'ala akan memberikan solusi terbaik untuk segala permasalahan. Hal terpenting, percaya dan yakin bahwa Allah Ta'ala akan selalu ada untuk membantu hamba-Nya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini