Share

Wayang Itu Haram, Ini Tanggapan Sudjiwo Tedjo

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 614 2547073 wayang-itu-haram-ini-tanggapan-sudjiwo-tedjo-tZwXWTPvJ5.jpg Sudjiwo Tedjo. (Foto: Sindo)

SUDJIWO Tedjo yang merupakan seorang budayawan sekaligus seniman memberikan tanggapan terkait ceramah wayang itu haram menurut ajaran agama Islam. Ia turut memberikan pandangan setelah banyak orang memintanya.

"Aku buaaaaanyak dimintai tanggapan soal bhw wayang harus dimusnahkan sebab haram. Tak satu pun kutanggapi. Sebab beragama juga ada semester2nya," ungkap Sudjiwo Tedjo, dikutip dari unggahan di akun Twitter-nya @sudjiwotedjo, Senin (14/2/2022).

Baca juga: Masya Allah, Begini Wujud Hajar Aswad ketika Di-Zoom 4.000 Kali 

Wayang. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Hari Valentine Menurut Islam, Benarkah Haram? Ini Kata Buya Yahya 

"Orang2 yg beragamanya semester2 doktoral, sebaiknya tak menanggapi org2 yg beragamanya semester TPB (tingkat pertama bersama)," lanjutnya.

Sebelumnya viral ceramah Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA yang menjawab pertanyaan dari jamaah kajiannya tentang hukum wayang. Ia mengungkap permainan wayang dilarang dalam ajaran agama Islam. Meski demikian, ulama lulusan Arab Saudi itu menyebut kesenian wayang tetap bisa dikenang sebagai tradisi peninggalan nenek moyang.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, "Kalau memang ini (wayang) peninggalan nenek moyang kita, mungkin kita bisa kenang dulu, oh ini tradisi orang dulu seperti ini. Tapi kan bukan berarti itu harus dilakukan, sementara dalam Islam dilarang. Harusnya kita tinggalkan."

"Kalau masalah tobat, ya tobat nasuha. Kalau dia punya (wayang) lebih baik dimusnahkan, dalam arti kata dihilangkan," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Gus Baha Ungkap Karomah Kiai Abbas Buntet Jatuhkan Pesawat Penjajah Melalui Doa 

Baca juga: Jadi Mualaf, Gadis Cantik Italia Ini Sekarang Ahli Bahasa Arab dan Budaya Islam 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini