Share

10 Persiapan Penting Jelang Ramadhan Supaya Lebih Khusyuk dan Raih Pahala Besar

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 21 Februari 2022 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 616 2550511 10-persiapan-penting-jelang-ramadhan-supaya-lebih-khusyuk-dan-raih-pahala-besar-SUKN7ZD8e0.jpg Ilustrasi persiapan penting menjelang bulan Ramadhan. (Foto: Freepik)

BULAN Ramadhan 1443H/2022M tidak lama lagi dimasuki kaum Muslimin. Segala persiapan pun mulai dilakukan untuk membuat ibadah puasa wajib dan sunah-sunah lainnya menjadi lebih bermakna.

Jangan sampai disia-siakan rutinintas ibadah fardhu maupun sunah di bulan Ramadhan. Pahala yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala berlipat ganda lebih besar dibanding hari-hari biasa. Maka itu, segala persiapan dalam menyambut datangnya bulan kesembilan di dalam kalender hijriah ini harus lebih maksimal.

Nah, berikut ini 10 persiapan penting menjelang bulan Ramadhan, sebagaimana telah Okezone rangkum.

Baca juga: 5 Sunah ketika Buka Puasa Ramadhan, Miliki Pahala Sangat Besar 

1. Memperkuat iman

Persiapan penting menjelang bulan Ramadhan yang paling dasar adalah mempersiapkan iman. Persiapan secara keimanan bisa dilakukan dengan mulai melatih pengendalian dari kebiasaan-kebiasaan buruk sehari-hari. Hal ini bisa dilakukan dengan cara sederhana, misalnya memastikan sholat lima waktu tidak pernah bolong, atau menghentikan kebiasaan merokok.

2. Persiapan fisik dan jasmani

Sebelum melakukan ibadah puasa Ramadhan, diperlukan kondisi fisik dan jasmani yang prima. Jaga kondisi fisik dan jasmani mulai sekarang dengan mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti bergadang atau mengonsumsi makanan tidak sehat.

Mulailah lebih rutin olahraga dan mengonsumsi vitamin atau suplemen kesehatan. Ini akan membuat tubuh tidak mudah sakit, sehingga kuat berpuasa hingga akhir.

3. Persiapan jiwa dan mental

Sambutlah bulan Ramadhan dengan jiwa yang bersih dan rasa ketulusan hati. Alangkah lebih baik jika bertobat dari semua kesalahan yang pernah dilakukan agar semua ibadah puasa lebih khusyuk dan ikhlas.

Selain itu, mental juga harus dipersiapkan karena pada Ramadhan akan beribadah puasa dan lainnya dengan optimal selama sebulan penuh. Jiwa dan mental harus dipersiapkan dengan penuh keimanan serta tulus ikhlas dalam beribadah.

4. Banyak berbuat baik

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini bisa dimulai dengan banyak berbuat baik terhadap sesama. Lalu meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk. Tujuannya bisa menjadi kebiasaan baik hingga setelah bulan Ramadhan dan menimbulkan pribadi yang lebih baik.

Baca juga: Unik! Abu Nawas Beri Potongan Setengah Masa Hukuman Tahanan Seumur Hidup, Gimana Caranya? 

5. Memperdalam ilmu dan pengetahuan agama Islam

Pelajari hal apa saja yang seharusnya dilaksanakan dan tidak boleh dilakukan oleh kaum Muslim selama bulan Ramadhan. Lalu memperdalam pengetahuan tata cara ibadah yang baik dan benar.

Selanjutnya memperbanyak bacaan doa dan zikir. Lalu lebih sering mengikuti forum-forum kajian Islam untuk memperdalam pengetahuan serta ilmu keagamaan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

6. Persiapan amal dan materi

Penting juga mempersiapkan materi menjelang bulan Ramadhan. Alasannya, kebutuhan menjelang Ramadhan meningkat dampak harga-harga barang kebutuhan pokok melonjak. Lalu bisa digunakan untuk meningkatkan amal dengan berzakat dan bersedekah di bulan Ramadhan.

Mulailah mengelola keuangan dengan hidup lebih hemat supaya tabungan cukup untuk memenuhi kebutuhan serta amal di bulan Ramadhan.

Baca juga: Mau Pesan Makanan di Hotel Arab, Pria Ini Bingung Menunya Tulisan Arab Gundul Semua 

7. Persiapan kebutuhan sehari-hari di bulan Ramadhan

Siapkan kebutuhan sehari-hari di bulan Ramadhan mulai perlengkapan ibadah hingga keperluan dapur. Misalnya sembako dan bumbu masak yang memadai supaya menunaikan ibadah bisa maksimal dengan santapan sahur serta buka puasa bergizi.

8. Membersihkan lingkungan sekitar

Kebersihan sebagian dari iman. Maka itu, menyambut bulan Ramadhan bisa dengan membersihkan bagian dalam rumah, lingkungan sekitar, sampai ikut serta membersihkan masjid atau mushola. Jika lingkungan bersih, pastinya nyaman untuk beribadah.

9. Siapkan perlengkapan ibadah

Siapkan perlengkapan ibadah yang terbaik. Siapkan sajadah, sarung, peci, hingga mukena supaya aktivitas ibadah Ramadhan bisa dikerjakan secara maksimal.

Baca juga: Sejarah Isra Mikraj, Awal Mula Turunnya Perintah Sholat Lima Waktu bagi Kaum Muslimin 

10. Berharap dosa diampuni

Bersyukurlah dan memuji Allah Subhanahu wa ta'ala atas datangnya bulan yang penuh berkah ini. Jika semua sudah dilakukan, tinggal pasrah berharap dan berdoa kepada Allah Ta'ala agar dosa-dosa yang dilakukan dapat dimaafkan dan memasuki Ramadhan dalam keadaan suci.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini