Share

Hukum Membaca Bismillah saat Wudhu di Kamar Mandi, Bolehkah?

Hantoro, Jurnalis · Selasa 08 Maret 2022 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 330 2558048 hukum-membaca-bismillah-saat-wudhu-di-kamar-mandi-bolehkah-YPB8pDSDlM.jpg Ilustrasi hukum baca Bismillah saat wudhu di kamar mandi. (Foto: Freepik)

HUKUM membaca Bismillah saat wudhu di kamar mandi hendaknya diketahui setiap Muslim. Apakah diperbolehkan atau dilarang? Berikut ini penjelasa lengkapnya berdasarkan syariat Islam.

Dikutip dari Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menerangkan kaum Muslimin tidak boleh menyebut nama Allah Subhanahu wa ta'ala ketika berada di kamar mandi. Lantas, bagaimana saat wudhu.

Baca juga: Viral Bocah Penjual Basreng Sedekah Sembunyi-Sembunyi untuk Pesantren Aa Gym 

Berdasarkan fatwa Syekh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin dalam Fatawal Aqidah wa Arkanil Islam, soal nomor 519, beliau rahimahullah pernah ditanya: Apabila seseorang berada di kamar mandi, bagaimana dia membaca Bismillah?

Syekh rahimahullah menjawab: Apabila seseorang berada di kamar mandi, maka dia cukup membaca Bismillah dalam hati dan tidak perlu diucapkan dalam lisan. Alasannya, karena hadis yang menerangkan wajibnya membaca Bismillah (sebelum wudhu) tidaklah kuat.

Baca juga: Gaya Hijab Lesti Kejora Curi Perhatian saat Bertemu Ketua MPR, Netizen: Makin Cantik 

Sebagaimana Imam Ahmad mengatakan, bacaan Bismillah ketika wudhu tidaklah shahih sama sekali dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Demikian pula pendapat ini sama dengan penulis Al Mughni dan selainnya bahwa bacaan Bismillah ketika wudhu hanyalah sunah, tidak wajib. Demikian fatwa Syekh Ibnu Utsaimin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Itulah pendapat sebagian ulama bahwa membaca Bismillah ketika wudhu tidaklah wajib. Pendapat ini asalnya dari penilaian hadis yang menjelaskan hal ini yang dianggap tidak shahih.

Para ulama yang menilai membaca Bismillah tidak wajib adalah madzhab Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam Asy Syafii, dan salah satu pendapat dari Imam Ahmad yang diikuti oleh Al Khoroqy, Abu Muhammad, dan lain-lain.

Baca juga: Selalu Bikin Santrinya Tertawa, Abu Nawas Dibilang Kayak Badut 

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Selasa 8 Maret 2022M/5 Syaban 1443H 

Ulama lainnya menganggap wajibnya membaca Bismillah. Pendapat ini adalah salah satu pendapat dari Imam Ahmad, juga pendapat Abu Bakr Abdul Aziz, Al Qodhi Abu Yala dan pengikutnya. Ini kalau menganggap membaca Bismillah itu wajib saat wudhu.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini