Share

Mengenal Ulama Rusia Syeikh Jamalludin yang Gigih Syiarkan Islam di Nusantara

Alvin Agung Sanjaya, Jurnalis · Selasa 08 Maret 2022 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 614 2558363 mengenal-ulama-rusia-syeikh-jamalludin-yang-gigih-syiarkan-islam-di-nusantara-LAAGPrp9Lt.jpg Makam Syekh Jamalludin ulama asal Rusia yang mensyiarkan Islam di Nusantara. (Foto: Istimewa)

RUSIA sedang menjadi pembahasan publik dunia setelah terlibat perang dengan negara tetangganya Ukraina. Tapi di luar dari peristiwa itu, ternyata ada sejarah ulama Rusia yang mensyiarkan ajaran agama Islam di tanah Nusantara.

Ulama tersebut adalah Husain Jamalludin Akbar atau Syekh Jamalludin Jumadil Kubra. Beliau dikenal sebagai seorang mubaligh terkemuka yang menyebarkan ajaran agama Islam di Nusantara.

Baca juga: Viral Bocah Penjual Basreng Sedekah Sembunyi-Sembunyi untuk Pesantren Aa Gym 

Dalam beberapa referensi menyebutkan Syekh Jamalludin dilahirkan dan tumbuh besar di Bukhara, Rusia Selatan. Kitab-kitab sejarah dan babad Jawa menyatakan Syekh Jamalludin disebut sebagai leluhur Wali Songo.

Dalam Babad Cirebon disebutkan Syekh Jamalludin leluhur Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, Sunan Ampel, dan Sunan Kalijaga. Namun jauh sebelum lahirnya Wali Songo, Syekh Jamalludin pernah berdakwah di daerah Trowulan, ibu kota Kerajaan Majapahit, pada masa kekuasaan Bhre Kertabhumi (Brawijaya V).

Baca juga: Ucap Bismillah, Martunis Putra Cristiano Ronaldo Lelang Jersey demi Bangun Pesantren di Aceh 

Dinukil dari buku 'Brawijaya Moksa Detik-Detik Akhir Perjalanan Hidup Prabu Majapahit', melalui kedatangan dan dakwah dari Syekh Jamalludin dapat menambah kedamaian serta ketenteraman rakyat di ibu kota Majapahit dan sekitarnya.

Banyak rakyat Trowulan tertarik serta terkesima dengan kharisma Syekh Jamalludin. Kebanyakan dari mereka pun berbondong-bondong menjadi mualaf dan memilih Islam sebagai agama barunya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Prabu Brawijaya V sebagai penguasa Majapahit pun terkesan. Meski tetap berpegang dengan agama lamanya, ia sangat menghormati terhadap jasa Syekh Jamalludin, terutama dalam perbaikan akhlak-moral rakyatnya. Rakyat Majapahit banyak yang menjadi murid atau santri Syekh Jamalluddin.

Jika muncul api permusuhan di antara rakyatnya, maka Syekh Jamalludin-lah yang mendamaikan. Kemudian apabila ada yang hendak melakukan usaha makar terhadap kepemimpinan Raja, maka Syekh Jamaluddin yang menjernihkan masalah. Bahkan jika ada pemuda lajang yang minta dicarikan jodoh akan dibantu.

Baca juga: Viral Nikah Beda Agama di Semarang, Wanita Muslim Ikut Pemberkatan di Gereja 

Baca juga: Viral Wanita Berhijab Nikah Beda Agama di Gereja, Begini Hukumnya Menurut Islam 

Begitulah peran Syakh Jamalluddin Jumadil Kubra di Nusantara. Beliau tergolong ulama yang berdakwah Islamiah di Jawadwipa pada masa paling awal.

Syekh Jamalludin wafat dan dimakamkan kawasan Troloyo-Trowulan yang paling umum diakui dan paling sering kunjungi peziarah.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini