Share

Berbanggalah Muslimin yang Puasa Senin Kamis, Keistimewaan Luar Biasa Besar Ini Akan Diraih

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2022 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 330 2566978 berbanggalah-muslimin-yang-puasa-senin-kamis-ini-keistimewaan-besar-yang-didapat-7hDnv9t43o.jpg Ilustrasi buka puasa Senin Kamis. (Foto: Okezone)

KAUM Muslimin sangat dianjurkan menjalankan puasa sunah di hari Senin dan Kamis. Hal ini dikarenakan banyak keutamaan yang akan didapat. Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun sangat menyukai ibadah tersebut.

Berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Seluruh amal dilaporkan pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat dilaporkan amal tersebut dalam keadaan berpuasa." (HR Tirmidzi)

Baca juga: Humor Abu Nawas: Jawab 3 Pertanyaan Aneh tapi Harus Naik Takhta Dulu, Bisa Aja! 

"Para ulama menganjurkan agar puasa tiap Senin dan Kamis, jadi ini baik untuk dilakukan," ujar Ketua umum Wadah Silaturahim Khotib Indonesia (WASATHI) Ustadz Fauzan Amin saat dihubungi MNC Portal belum lama ini.

Ia mengatakan, selain puasa, amalan sunah lainnya seperti memperbanyak sedekah di hari Kamis juga sangatlah dianjurkan. Sehingga, para malaikat pun senantiasa mencatat amal baik umat Islam yang mau melaksanakan ibadah tersebut.

Baca juga: Kisah Muslimah Sukses Jualan Kubah Masjid, Berkah Terbebas dari Jerat Rentenir 

"Karena pada hari inilah amalan manusia diajukan kepada Allah, dengan maksud agar dalam setiap laporan pertanggungjawaban amal manusia kepada Allah selalu diakhiri kebaikan, atau husnul khatimah," terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ اْلاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلاَّ عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Artinya: "Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumuah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan." (HR Muslim)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Jelang Ramadan, 6 Hal Ini Wajib Dipersiapkan: Mulai Jiwa Raga hingga Dana 

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Kamis 24 Maret 2022M/21 Syaban 1443H 

Info grafis negara dengan waktu puasa terlama dan tersingkat. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini