Share

Ketahui Isi Surat Al Baqarah Ayat 185, Ajarkan Ibadah yang Tepat di Bulan Ramadan

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 27 Maret 2022 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 614 2568509 ketahui-isi-surat-al-baqarah-ayat-185-ajarkan-ibadah-yang-tepat-di-bulan-ramadan-pfx6kd2tYh.jpg Ilustrasi Surat Al Baqarah Ayat 185. (Foto: Shutterstock)

SURAT Al Baqarah Ayat 185 merupakan salah satu ayat yang membahas tentang bulan Ramadan. Al Baqarah sendiri merupakan surat kedua dalam kitab suci Alquran yang termasuk golongan Madaniyah.

Tidak hanya menyerukan tentang bulan Ramadan, Surat Al Baqarah juga menyerukan seribu kabar, seribu perintah, dan seribu larangan.

Baca juga: Simak Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 43, Berisi Panduan Lengkap Sholat dan Zakat 

Surat Al Baqarah bermakna 'Sapi Betina' sebab di dalamnya terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada kaum Bani Israil yakni pada ayat 67 hingga 74.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan ayat 185 Surat Al Baqarah? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Syahru Ramadanallazi unzila fīhil-qur'anu hudal lin-nasi wa bayyinatim minal-huda wal-furqan, fa man syahida mingkumusy-syahra falyaṣum-h, wa mang kāna marīḍan au 'alā safarin fa 'iddatum min ayyāmin ukhar, yurīdullāhu bikumul-yusra wa lā yurīdu bikumul-'usra wa litukmilul-'iddata wa litukabbirullāha 'alā mā hadākum wa la'allakum tasykurun

Artinya: "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

Baca juga: Bacaan Surat Yasin Ayat 1-83, Raih Keistimewaannya yang Luar Biasa Besar Ini 

Adapun tafsir tentang ayat 185 Surat Al Baqarah oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) adalah sebagai berikut:

Ramadan adalah bulan yang di dalamnya untuk pertama kali diturunkan Alquran pada Lailatul Qadar, yaitu malam kemuliaan, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang benar dan yang salah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Karena itu, barang siapa di antara kamu ada, yakni hidup, di bulan itu dalam keadaan sudah akil baligh, maka berpuasalah. Dan barangsiapa yang sakit di antara kamu atau dalam perjalanan lalu memilih untuk tidak berpuasa, maka ia wajib menggantinya sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain.

Allah Subhanahu wa ta'ala menghendaki kemudahan bagimu dengan membolehkan berbuka, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu dengan tetap mewajibkan puasa dalam keadaan sakit atau dalam perjalanan. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dengan berpuasa satu bulan penuh dan mengakhiri puasa dengan bertakbir mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur atasnya.

Baca juga: Masya Allah! 4 Artis Ini Ternyata Hafiz Quran, Ada yang Hafal 15 Juz 

Baca juga: Baca Alquran tapi Tidak Tahu Artinya, Ini Hukumnya Menurut Syariat 

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu, Nabi Muhammad, tentang Aku karena rasa ingin tahu tentang segala sesuatu di sekitar kehidupannya, termasuk rasa ingin tahu tentang Tuhan, maka jawablah bahwa sesungguhnya Aku sangat dekat dengan manusia.

Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa dengan ikhlas apabila dia berdoa kepada-Ku dengan tidak menyekutukan-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi perintah-Ku yang ditetapkan di dalam Alquran dan diperinci oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, dan beriman kepada-Ku dengan kukuh agar mereka memperoleh kebenaran atau bimbingan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Demikianlah isi kandungan dan tafsir dari Surat Al Baqarah Ayat 185. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bissawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini