Share

Surat Al Mulk, Ini Keutamaan serta Waktu yang Tepat Membacanya

Kastolani, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 330 2569543 surat-al-mulk-ini-keutamaan-serta-waktu-yang-tepat-membacanya-Bw3G6Xd1qN.jpg Ilustrasi membaca Surat Al Mulk. (Foto: Shutterstock)

SURAT Al Mulk merupakan surat ke-67 dalam kitab suci Alquran. Memiliki arti "Kerajaan", Surat Al Mulk terdiri dari 30 ayat. Kemudian termasuk golongan Makkiyyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Membaca Surat Al Mulk bisa dilakukan kapan saja. Namun, ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk membaca Surat Al Mulk.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Atasi Pembohong Pakai Cara Tanya Arah Jalan, Aneh Banget!ย 

Dalam hadis disebutkan, waktu yang tepat membaca Surat Al Mulk yakni pada malam hari setelah Sholat Isya sebelum tidur.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam belum beranjak tidur sebelum membaca Surat Al Mulk. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam At-Turmuzi.

Dia berkata dari Jabir radhiyallahu anhu, "Bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam masih belum tidur sebelum membaca Alif Lam Mim Tanzil dan Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku."

Abu Laits As-Samarqandhi telah meriwayatkan dari Tawus bahwa kedua surat tersebut mengungguli semua surat dalam Alquran dengan 70 kebaikan.

Keutamaan Surat Al Mulk

Rais Syuriah PBNU KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha) mengatakan keutamaan Surat Al Mulk akan menyelamatkan dan menolak adzab atau siksa kubur bagi yang menghafalkannya atau yang membacanya.

"Riwayat yang sahih itu Surat Tabarok sebagai pelindung siksa kubur. Surat ini juga disebut surat mani'ah yang menjaga dan al munjiah yang menyelamatkan siksa," kata Gus Baha dalam kajian tafsir Surat Al Mulk.

Baca juga: Surat Yasin 83 Ayat: Arab, Arti Bahasa Indonesia, hingga Keutamaannyaย 

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda:

ยซุณููˆุฑูŽุฉูŒ ูููŠ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ุฎูŽุงุตูŽู…ูŽุชู’ ุนูŽู†ู’ ุตูŽุงุญูุจูู‡ูŽุง ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฃูŽุฏู’ุฎูŽู„ูŽุชู’ู‡ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ: ุชูŽุจุงุฑูŽูƒูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุจููŠูŽุฏูู‡ู ุงู„ู’ู…ูู„ู’ูƒูยป

Artinya: "Ada suatu surat yang membela pembacanya hingga memasukkannya ke dalam surga, yaitu Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa salah seorang sahabat Nabi Shallallahu alaihi wassallam membuat tenda di dekat sebuah kuburan, padahal ia tidak mengetahui bahwa tempat itu adalah kuburan.

Tiba-tiba ia menyadari bahwa itu adalah kuburan seseorang. Dia mendengarnya sedang membaca Surat Al Mulk hingga khatam.

Baca juga: Syekh Ali Jaber Ungkap Cara Istri Hadapi Suami yang Malas, Gampang Banget Lho!ย 

Maka ia datang kepada Nabi Shallallahu alaihi wassallam dan bertanya, "Wahai Rasulullah, aku telah memasang tendaku di dekat sebuah kuburan, sedangkan aku tidak menyadari bahwa tempat itu adalah kuburan. Tiba-tiba kudengar dari dalamnya seseorang membaca Surat Al-Mulk sampai selesai."

Maka Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

ยซู‡ููŠูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุงู†ูุนูŽุฉู ู‡ููŠูŽ ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุฌููŠูŽุฉู ุชูู†ู’ุฌููŠู‡ู ู…ูู†ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑูยป

Artinya: "Itu adalah surat penangkal dan juga penyelamat yang menyelamatkan pembacanya dari siksa kubur."

Karena keramatnya Surat Tabarok yakni Surat Al Mulk, kata Gus Baha, Nabi Shallallahu alaihi wassallam meminta umatnya menghafalnya.

Nabi Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

ยซู„ูŽูˆูŽุฏูุฏู’ุชู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ูููŠ ู‚ูŽู„ู’ุจู ูƒูู„ู‘ู ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ู ู…ูู†ู’ ุฃูู…ู‘ูŽุชููŠยป

Artinya: "Sungguh aku menginginkan bila surat ini dihafal di dalam kalbu setiap umatku."

Baca juga: Menikmati Kemegahan Masjid Istiqlal: Berkonsep Modern Tropis Cerminan Keragaman Indonesiaย 

Menurut Gus Baha, Alquran mensyafaati bagi yang menghafal dan membacanya, sehingga akan dihormati malaikat di alam kubur.

"Dalam riwayat lain, Surat Tabarok ini mati-matian membela bagi yang membacanya tidak harus yang menghafal. Namun, Nabi Shallallahu alaihi wassallam sangat senang jika Surat Al Mulk ada di hati tiap umatnya. Artinya, hafal Surat Tabarok. Karena itu, redaksi hadis di ini memakai lam taukid," tukasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini