Share

Buya Yahya Ungkap Keutamaan Luar Biasa Sedekah di Bulan Ramadan, Jangan Ditunda-tunda!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 330 2570182 buya-yahya-ungkap-keutamaan-luar-biasa-sedekah-di-bulan-ramadan-jangan-ditunda-tunda-oQ6tDKvvgv.jpg Buya Yahya ungkap keutamaan sedekah di bulan Ramadan. (Foto: Dok YouTube Al Bahjah TV)

PENGASUH Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan keutamaan sedekah di bulan Ramadan sangat banyak. Pada bulan suci ini, Allah Subhanahu wa ta'ala akan memberikan pengampunan serta melipatgandakan pahala untuk kaum Muslimin.

Oleh karena itu, Buya Yahya mengimbau umat Islam berlomba-lomba dalam kebaikan agar mendapat pahala melimpah dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Salah satunya dengan sedekah.

Baca juga: Buya Yahya Ungkap Hukum Tradisi Ruwahan Jelang Ramadan Menurut Syariat 

"Di antaranya amal baik yang dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam adalah sedekah. Sedekah di bulan Ramadan," ungkap Buya Yahya, dikutip dari tayangan di kanal YouTube Al Bahjah TV, Rabu (30/3/2022).

Ia mengatakan, sedekah sebenarnya dianjurkan setiap waktu, ketika memiliki tenaga dan rezeki. Namun, sedekah di bulan Ramadan mempunyai keistimewaan tersendiri, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam:

"Dari Anas Radhiyallahu anhu, sahabat bertanya, 'Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?' Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam menjawab, 'Sedekah di bulan Ramadan'." (HR At-Tirmidzi)

Baca juga: Humor Abu Nawas: Diusir dari Kampung Cuma Gara-Gara Raja Bermimpi, Kok Bisa? 

Kendati demikian, kata Buya Yahya, jangan pula hanya rajin bersedekah di bulan Ramadan dan pelit seusai Ramadan. Seharusnya, bersedekah di bulan Ramadan dapat menjadi kebiasaan dalam sehari-hari di bulan-bulan lainnya.

Selain itu, Buya Yahya juga mengingatkan agar kaum Muslimin tidak bersedekah menggunakan hawa nafsu, tanpa akal dan pemahaman yang benar. "Tapi semuanya tetap tidak boleh dengan hawa nafsu, harus dengan menggunakan akal kita, pemahaman yang benar. Ngerti mana prioritas," ujarnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Prioritas yang dimaksud, terang Buya Yahya, seperti membayar utang, membantu saudara yang membutuhkan, atau membayar zakat sebelum bersedekah. Pasalnya, membayar utang memiliki pahala yang lebih besar dibandingkan bersedekah.

Tenang saja, lanjut Buya Yahya, ketika bersedekah maka Allah Subhanahu wa ta'ala pasti akan menggantinya dengan rezeki lain yang lebih besar.

Baca juga: Ramadan 2022, Ini Rangkaian Kegiatan yang Digelar di Masjid Istiqlal 

"Kalau Anda masih punya utang, beresin utang Anda, karena membayar utang lebih gede pahalanya daripada bersedekah. Sudah wajib, bayar zakat, selesaikan zakat Anda," paparnya.

Sebagai penutup, Buya Yahya menegaskan bahwa sedekah tidak harus dilakukan di bulan Ramadan. Jika seseorang memang ingin bersedekah tetapi saat itu belum Ramadan, maka lakukan saja. Sebab, belum tentu pada Ramadan yang akan datang masih diberi kesempatan hidup oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Wallahualam bissawab.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Rabu 30 Maret 2022M/27 Syaban 1443H 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini