Share

8 Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadan 2022

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 616 2575546 8-cara-mendapatkan-malam-lailatul-qadar-di-bulan-ramadan-2022-xJILQh3m3S.jpg Ilustrasi cara mendapatkan malam lailatul qadar di bulan Ramadan 2022. (Foto: Freepik)

SETIDAKNYA ada 8 cara mendapatkan malam lailatul qadar di bulan Ramadan 2022. Apa saja cara itu? Tentunya memperbanyak amalan ibadah pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan ini.

Dikutip dari laman Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menjelaskan malam lailatul qadar adalah malam penuh kemuliaan. Malam ini disebutkan dalam ayat yang mulia:

ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู„ู’ูู ุดูŽู‡ู’ุฑู (3) ุชูŽู†ูŽุฒูŽู‘ู„ู ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุฑูู‘ูˆุญู ูููŠู‡ูŽุง ุจูุฅูุฐู’ู†ู ุฑูŽุจูู‘ู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ูƒูู„ูู‘ ุฃูŽู…ู’ุฑู (4) ุณูŽู„ูŽุงู…ูŒ ู‡ููŠูŽ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ู…ูŽุทู’ู„ูŽุนู ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู (5)

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS Al Qadr: 3โ€“5)

Baca juga: Bacaan Surat Al Qadr untuk Malam Lailatul Qadar, Lengkap Arti hingga Keutamaannyaย 

An-Nakha'i mengatakan, "Amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di seribu bulan." (Lihat Latha-if Al-Maโ€™arif, halaman 341)

Imam Mujahid, Qatadah, dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah sholat dan amalan pada lailatul qadar lebih baik dari sholat dan puasa pada seribu bulan yang tidak terdapat lailatul qadar (Zaad Al-Masiir, 9:191).

Nah, berikut ini delapan cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan malam lailatul qadar di bulan Ramadan 2022:

1. Membaca Alquran dan zikir

Semangat ibadah pada sepuluh hari terakhir Ramadan dengan menghidupkan malam-malam yang ada dan membangunkan keluarga. Amalan yang diisi adalah memperbanyak membaca Alquran dan zikir.

Dalam riwayat dari โ€˜Aisyah radhiyallahu โ€˜anha, ia berkata:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ู โ€“ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… โ€“ ุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุงูŽู„ู’ุนูŽุดู’ุฑู -ุฃูŽูŠู’: ุงูŽู„ู’ุนูŽุดู’ุฑู ุงูŽู„ู’ุฃูŽุฎููŠุฑู ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ- ุดูŽุฏูŽู‘ ู…ูุฆู’ุฒูŽุฑูŽู‡ู, ูˆูŽุฃูŽุญู’ูŠูŽุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽู‡ู, ูˆูŽุฃูŽูŠู’ู‚ูŽุธูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽู‡ู โ€“

"Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam biasa ketika memasuki sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadan, beliau kencangkan sarungnya (bersungguh-sungguh dalam ibadah dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk beribadah." (HR Bukhari Nomor 2024 dan Muslim 1174)

2. Menghadiri Sholat Subuh dan Isya berjamaah

Sebagaimana dinukil oleh Imam Asy-Syafiโ€™i dalam kitab Al-Umm dari sekelompok ulama Madinah dan dinukil pula sampai pada Ibnu โ€˜Abbas radhiyallahu โ€˜anhuma disebutkan:

ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฅูุญู’ูŠูŽุงุกูŽู‡ูŽุง ูŠูŽุญู’ุตูู„ู ุจูุฃูŽู†ู’ ูŠูุตูŽู„ูู‘ูŠูŽ ุงู„ุนูุดูŽุงุกูŽ ูููŠ ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ูˆูŽ ูŠูŽุนู’ุฒูู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุตูŽู„ูู‘ูŠูŽ ุงู„ุตูู‘ุจู’ุญูŽ ูููŠ ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู

"Menghidupkan malam lailatul qadar itu bisa dengan melaksanakan Sholat Isya berjamaah dan bertekad melaksanakan Sholat Subuh secara berjamaah."

Dikatakan oleh Imam Malik dalam Al-Muwathaโ€™, Ibnul Musayyib menyatakan:

ู…ูŽู†ู’ ุดูŽู‡ูุฏูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู‚ูŽุฏู’ุฑู ู€ ูŠูŽุนู’ู†ููŠ ูููŠ ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ู€ ููŽู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุฎูŽุฐูŽ ุจูุญูŽุธูู‘ู‡ู ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง

"Siapa yang menghadiri sholat berjamaah pada malam Lailatul Qadar, maka ia telah mengambil bagian dari menghidupkan malam lailatul qadar tersebut."

Baca juga: Hukuman Dunia dan Akhirat bagi Orang yang Sengaja Berbuka di Siang Hari Bulan Ramadanย 

3. Melakukan sholat malam pada malam lailatul qadar

Dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, dari Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, beliau bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู…ูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏูŽู‘ู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจูู‡ู

"Barang siapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR Bukhari Nomor 1901)

Ibnu Hajar Al โ€˜Asqalani rahimahullah mengatakan bahwa yang dimaksud โ€˜iimaananโ€™ (karena iman) adalah membenarkan janji Allah yaitu pahala yang diberikan (bagi orang yang menghidupkan malam tersebut). Sedangkan โ€˜ihtisaabanโ€™ bermakna mengharap pahala (dari sisi Allah), bukan karena mengharap lainnya yaitu contohnya berbuat riyaโ€™. (Lihat Fath Al-Baari, 4:251)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Mengamalkan doa malam lailatul qadar

Dalam riwayat dari โ€˜Aisyah radhiyallahu โ€˜anha, ia berkata, "Aku pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam:

ุฃูŽุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูŽ ุฅูู†ู’ ุนูŽู„ูู…ู’ุชู ุฃูŽู‰ูู‘ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ู…ูŽุง ุฃูŽู‚ููˆู„ู ูููŠู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ููˆู„ูู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุนูŽูููˆูŒู‘ ุชูุญูุจูู‘ ุงู„ู’ุนูŽูู’ูˆูŽ ููŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ูู‘ู‰

'Jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa doa yang mesti kuucapkan?' Jawab Rasul shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, 'Berdoalah: ALLAHUMMA INNAKA โ€˜AFUWWUN TUHIBBUL โ€˜AFWA FAโ€™FUโ€™ANNI (Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf โ€”menghapus kesalahan, karenanya maafkanlah aku โ€”hapuslah dosa-dosaku)'."

(HR Tirmidzi Nomor 3513 dan Ibnu Majah 3850. Abu โ€˜Isa At-Tirmidzi mengatakan hadis ini hasan sahih. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan hadis ini sahih)

5. Sedekah

Sedekahkan kepada siapa saja setiap hari minimal 1 real atau kalau di Indonesia Rp1.000 pada 10 malam terakhir, sehingga apabila lailatul qadar jatuh pada 10 malam terakhir maka sama dengan menyedekahkan sebanyak Rp1.000 selama 84 tahun atau Rp1.000 x 365 hari x 84 tahun.

6. Sholat minimal dua rakaat

Kerjakan sholat sunah minimal 2 rakaat tiap malam sehingga jika lailatul qadar jatuh pada 10 malam terakhir maka sama dengan engkau sholat 2 rakaat selama 84 tahun atau 2 rakaat x 365 hari x 84 tahun.

7. Baca tafsir Surat Al Qadar

Bacalah tafsir Surat Al Qadar dan pahami apa yang sesungguhnya terjadi pada malam lailatul qadar, akan kita rasakan keagungan dan kekuatannya, insya Allah.

8. Beramal salih dan ibadah semaksimal mungkin

Jangan menunggu hingga malam ke-27 untuk memperbanyak amal salih dan beribadah semaksimal mungkin. Sebab, seluruh malam dari sepuluh malam terakhir seharusnya jadi target kaum Muslimin. Bangunlah setiap malamnya. Jangan sampai kesempatan meraih lailatul qadar terlewati begitu saja.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini