Share

Kisah Pelawak Cahyono Dibimbing Jojon Masuk Islam: Dia Ajari Saya Mengaji

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 10 April 2022 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 10 621 2576399 kisah-pelawak-cahyono-dibimbing-jojon-masuk-islam-dia-ajari-saya-mengaji-VH3C0juY8x.jpg Kisah mualaf pelawak senior Cahyono dibimbing rekannya Jojon. (Foto: Dok Okezone)

TIDAK banyak orang tahu tentang kisah di balik perjalanan pelawak senior Cahyono masuk Islam. Ternyata ada sosok sang sahabat yakni Jojon di balik Cahyono mantap menjadi mualaf.

Diketahui Cahyono telah wafat pada 25 Mei 2017 usai menderita penyakit. Namun beberapa waktu sebelumnya, ia ditinggal meninggal dunia rekan sejawatnya tersebut Jojon.

Baca juga: Dibimbing Jojon, Pelawak Senior Cahyono Putuskan Mualaf Setelah Mendengar Azan Magrib 

Kisah mualaf pelawak senior Cahyono. (Foto: Istimewa)

Kala itu Cahyono sempat menceritakan perjalanan spiritualnya hingga yakin memeluk agama Islam. Dia mengungkapkan, hal yang paling berkesan adalah saat Jojon membimbingnya menjadi mualaf usai mendengar azan magrib. Itu merupakan jasa Jojon yang tidak ternilai harganya bagi Cahyono.

"Dia yang ajari saya tentang Islam pada tahun 1991. Waktu saya show di Pekanbaru, Riau. Saat itu saya sekamar dengan dia. Saya diajarkan beragama sama dia. Mengajarkan saya mengaji. Karena dia pintar, dia anak pesantren," ungkap Cahyono sambil menitikan air mata ketika berada di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis 6 Maret 2014.

Baca juga: Kisah Artis Senior El Manik Masuk Islam Gara-Gara Terpaksa Hafal Ayat Kursi 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Diketahui, Jojon yang merupakan teman seperjuangan Cahyono di Jayakarta Group. Keduanya melalui masa sulit hingga sukses bersama.

"Saya sama beliau berjuangnya bareng. Sejak dulu susah senang kami bersama. Sudah lebih dari saudara sama dengan dia. Saya bisa begini berdiri di sini karena Mas Jojon," ungkap Cahyono dengan mata berkaca-kaca.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Berawal Peran Jadi Ustadz, Aktor Senior El Manik Putuskan Masuk Islam 

Baca juga: Jadi Mualaf, Fitria Yusuf Putri Orang Terkaya Jusuf Hamka Sempat Unggah Foto Masa Kecil Peluk Alquran 

Pelawak Jojon. (Foto: Istimewa)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini