Share

Ramadan di Negeri Sakura

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 16 April 2022 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 16 615 2580024 ramadan-di-negeri-sakura-wcW48SyYBc.jpg Jepang. (Foto: Reuters)

ADAT makanan, dan budaya yang hanya ada di bulan Ramadan adalah yang selalu dinantikan oleh umat muslim di Indonesia. Buka puasa dan salat tarawih bersama menjadi salah satu ciri khas yang tak lepas dari kebiasaan muslim Indonesia saat bulan ramadan.

Tradisi yang tidak lepas saat ramadan adalah ngabuburit. Ngabuburit diambil dari Bahasa Sunda yang artinya kegiatan saat menunggu waktu berbuka puasa. Muslim di Indonesia biasanya ngabuburit berjalan-jalan sambil berburu takjil Andalan. Lalu, bagaimana ramadan di negeri Sakura?

Koko Iwan Agus A. seorang alumni Bakti Nusa Diaspora Dompet Dhuafa sedang mengenyam pendidikan S3 nya di negeri sakura Jepang. Ia mengatakan bahwa saat ini di Jepang tidak boleh ada acara buka bersama atau iftar, dan shalat berjamaah tarawih masih dengan prokes kesehatan yang ketat seperti menjaga jarak dan lain sebagainya.

โ€œSejauh ini orang Jepang lebih respect dan suka bertanya sih. Contoh saat saya sedang arubaito (part time) di salah satu restoran, mereka suka mengingatkan kita untuk salat duluan bergantian dengan sesame muslim lainnya. Lalu, seperti makanan-makanan halal mereka suka mengingatkan,"

"Mereka akan lebih respect lagi kalau kita menjelaskan keadaan kita terutama di bulan ramadan ini. Saya juga banyak teman internasional yang juga menghargai saya di bulan ramadan ini, mereka sekarang tidak makan di depan saya saat saya berpuasa. Karena toleransi antar agama ini, jadi tidak ada yang harus dikhawatirkan,โ€ ucap Koko.

Bunny Asfian sebagai moderator pada live di kanal youtube DD Tv ini juga bertanya di mana tempat favorite Koko untuk ngabuburit sembari menunggu berbuka puasa di Jepang.

โ€œSaya ngabuburitnya biasanya suka masak untuk berbuka, atau terkadang berkumpul dengan teman-teman dari salah satu komunitas di Sukuba, kemarin kita habis hanamian bareng, menikmati mekarnya sakura sambil ngabuburit dan diskusi di taman itu. Lalu, di labolatorium karena mengerjakan deadline tugas dan kerjaa,"

"Terakhir sih biasanya ngabuburit ke masjid Sukuba, disitu ada Indonesia kafe yang pemiliknya mewakafkan lantai 2 tokonya yang biasanya dipakai untuk berbuka/iftar dan tarawih bersama,โ€ jawab Koko.

โ€œIntinya ketika kita sedang belajar di luar negeri yang bukan mayoritas muslim, di situ pula banyak sekali hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil di bulan ramadan ini, salah satunya berbagi dengan sesama,โ€ tambah Koko. Semoga kita bisa lebih banyak bersyukur dan berbagi di bulan ramadan yang suci ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini