Share

5 Amalan Malam Nuzulul Quran, Miliki Pahala dan Keberkahan Sangat Besar

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 18 April 2022 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 616 2580709 5-amalan-malam-nuzulul-quran-miliki-pahala-dan-keberkahan-sangat-besar-sTMf93jVso.jpg Ilustrasi amalan malam Nuzulul Quran. (Foto: Freepik)

AMALAN malam Nuzulul Quran bisa dilakukan Muslim agar mendapat pahala serta keberkahan. Malam Nuzulul Quran sendiri merupakan peristiwa turunnya kitab suci Alquran kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang terjadi pada malam ke-17 bulan Ramadan.

Malam Nuzulul Quran adalah malam yang penuh keberkahan. Allah Subhanahu wa ta'ala akan melipatgandakan pahala umat Islam yang beribadah di malam ini. Pasalnya, para malaikat akan turun ke bumi untuk memberikan doa kepada setiap orang yang beribadah.

Apabila seorang Muslim mengerjakan kebaikan-kebaikan di malam Nuzulul Quran, maka nilainya lebih baik dari mengerjakan kebaikan selama seribu bulan atau sekira 83 sampai 84 tahun. Berikut ini telah MNC Portal rangkum lima amalan malam Nuzulul Quran.

Baca juga: Sejarah Nuzulul Quran di Bulan Ramadan yang Penuh Keistimewaan 

1. Memperbanyak membaca Alquran

Amalan malam Nuzulul Quran pertama adalah memperbanyak membaca Alquran. Membaca Alquran di hari biasa saja akan diganjar pahala oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, apalagi jika dilakukan di bulan suci Ramadan. Allah Subhanahu wa ta'ala akan melimpahkan pahala yang banyak untuk hamba-Nya. Terlebih lagi bagi mereka yang mengkhatamkan Alquran.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR Bukhari)

2. Iktikaf mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala

Amalan malam Nuzulul Quran kedua adalah mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan melakukan iktikaf. Iktikaf adalah berdiam di dalam masjid dengan tata cara tertentu dan disertai niat. Ibadah ini biasa dijalankan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

Berdiam diri di masjid dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala bisa juga dengan mendirikan sholat, tilawah, zikir, berdoa, bermunajat, tadabbur, tafakur atau mengkaji ilmu. Bahkan dalam kondisi tidur pun orang yang beriktikaf mendapatkan pahala yang besarnya tidak bisa didapatkan oleh orang yang tidur di rumah. Sebab, tidurnya itu termasuk rangkaian iktikaf.

Baca juga: Pengertian Nuzulul Quran dan 3 Fase Turunnya Alquran ke Bumi 

3. Melaksanakan sholat malam

Amalan malam Nuzulul Quran selanjutnya adalah melaksanakan sholat malam. Sebenarnya, amalan sholat malam bukan hanya dianjurkan pada saat berpuasa. Namun, sebaiknya umat Islam meningkatkan amalan ini saat berpuasa. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Dari Abu Hurairah (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan (sholat) qiyami Ramadhan kepada mereka (para sahabat), tanpa perintah wajib. Beliau bersabda: Barang siapa mengerjakan (sholat) qiyami Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu." (HR Al Bukhari dan Muslim)

Sholat malam yang biasa dikerjakan adalah sholat tahajud. Sebelum melaksanakan sholat malam ini, diharuskan untuk tidur terlebih dahulu setelah melaksanakan sholat tarawih. Kemudian pada malam sebelum sahur, umat Islam dapat menunaikan sholat malam ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Infak dan sedekah

Amalan yang tidak kalah penting lainnya adalah memperbanyak infak dan sedekah. Selain menambah pahala, infak dan sedekah juga bisa memberikan kebahagiaan bagi orang lain. Selain itu, infak dan sedekah merupakan amalan yang pahalanya tidak terputus dan terus mengalir meskipun sudah meninggal dunia. Oleh karena itu, berinfak dan bersedekah di bulan Ramadan, khususnya di malam Nuzulul Quran sangat dianjurkan.

Baca juga: Nuzulul Quran, Ini 14 Keutamaan Memperbanyak Baca Alquran di Bulan Ramadan 

5. Membaca doa

Bacaan doa menyambut malam Nuzulul Quran ada tiga yang bisa dipanjatkan. Paling utama adalah doa agar mendapat syafaat dari Alquran. Kemudian, doa memohon ampunan untuk kedua orang tua, dan memohon ampunan untuk diri sendiri. Ada banyak bacaan doa menyambut Nuzulul Quran yang dapat diamalkan, salah satunya seperti berikut ini:

“Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur’an, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til quraan.”

Artinya: "Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Quran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafaat Alquran."

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini