Share

Terlahir Kembali dengan Menghafal Alquran

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 614 2595731 terlahir-kembali-dengan-menghafal-alquran-3lI48ti7ce.jpg Kisah Neti Hastuti merasa terlahir kembali menghafal Alquran. (Foto: Daarul Quran)

TIDAK pernah ada yang tahu kapan Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan hidayah kepada hamba-Nya. Neti Hastuti mungkin salah satu contohnya. Wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini menuturkan bahwa di usianya yang tak lagi muda, Allah Ta'ala memberinya karunia dan hidayah berupa kemampuan dan kesempatan untuk menghafal Alquran.

Bagi wanita berusia 55 tahun ini mulai menghafal Alquran di usia kepala 5 bukanlah hal yang mudah. Namun berkat keteguhan hatinya, ia memutuskan untuk membuka lembaran-lembaran kalam Allah Subhanahu wa ta'ala dan mulai menghafalnya kata demi kata.

Dalam mengahafal Alquran, ia tergabung dalam Kelas Tahsin Tahfidz di PPPA Daarul Qur’an Bogor Batch 8. Baginya, mengikuti program PPPA Daarul Qur’an Bogor tersebut adalah suatu kebahagiaan tersendiri. Pasalnya, Neti seolah mendapatkan kembali semangat beragama yang selama ini diimpikan.

"Seakan saya terlahir kembali ke dunia ini dengan kesempatan kedua untuk mempelajari Alquran dan itu sungguh sangat membahagiakan," ungkap Neti.

Kisah Neti Hastuti merasa terlahir kembali menghafal Alquran. (Foto: Daarul Quran)

Menghafal Alquran sudah lama ia dambakan. Namun, banyak faktor yang membuatnya tak kunjung terwujud. Bagi wanita seusianya, bukanlah hal yang mudah untuk merealisasikan mimpi itu. Banyak hambatan menghadang seperti faktor usia, kesibukan sehari-hari, hingga metode menghafal yang dirasa kurang cocok.

Namun, kegalauan Neti hilang seketika saat Allah Subhanahu wa ta'ala menunjukkan jalan untuknya. Atas izin Allah Ta'ala, ketika membuka media sosial, ia memperoleh informasi mengenai program Tahsin Tahfidz PPPA Daarul Qur’an Bogor.

"Pada saat itu juga, saya membulatkan tekad untuk mengikuti program tersebut. Mendaftar secara online di angkatan ke-8 yang berlangsung tanggal 8 November 2021 hingga 21 Februari 2022," katanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Setelah selesai mengikuti program PPPA Daarul Qur’an Bogor tersebut, Neti merasakan ada sesuatu yang berbeda dengan dirinya. Ia merasa menjadi pribadi yang lebih tenang dan tenteram dengan Alquran. Ia merasakan betapa nikmatnya menjadi salah satu keluarga Allah Subhanahu wa ta'ala melalui Alquran.

Setiap firman-firman Allah Subhanahu wa ta'ala yang dibaca dan dihafalnya mulai terasa bermakna. Kini, setiap huruf yang termaktub di dalam Alquran bisa ia hayati dengan lebih baik. Neti makin yakin bahwa Alquran adalah petunjuk Allah Ta'ala bagi manusia.

"Proses penghayatan pesan Alquran untuk kemaslahatan hidup di dunia dan di akhirat serta kisah-kisah umat terdahulu yang makin menguatkan keyakinan bahwa Alquran itu memang adalah Hudan Linnas atau petunjuk bagi manusia yang sesungguhnya," tuturnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini