Share

Sedekah di Bulan Ramadan atau Syawal, Mana Lebih Baik? Ini Kata Buya Yahya

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 330 2596693 sedekah-di-bulan-ramadan-atau-syawal-mana-lebih-baik-ini-kata-buya-yahya-iXYoNlTftW.jpg Buya Yahya ungkap keutamaan sedekah antara di bulan Ramadan atau Syawal. (Foto: YouTube Al Bahjah TV)

SEDEKAH bulan Ramadan atau Syawal, manakah yang lebih baik? Ternyata hal ini sangat ingin diketahui banyak kaum Muslimin. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan sebaik-baik ibadah adalah yang dipercepat dan tepat sasaran. Kalau saja bisa dipercepat, lebih baik dipercepat, dan tepat sasaran. Dibanding menunda, biarpun tepat sasaran.

Baca juga: Isi Surat Al Baqarah Ayat 267 tentang Keistimewaan Infak dan Sedekah 

"Tapi kalau permasalahannya adalah lebih cepat namun tidak tepat sasaran, tunda sedikit tepat sasaran. Maka niatlah di bulan Ramadan," jelas Buya Yahya dalam tayangan di kanal YouTube Al Bahjah TV.

Ia melanjutkan, misalnya pada bulan Ramadan ingin membuat program besar, menyantuni fakir miskin dan sebagainya. Sudah merencanakan, tapi fakir miskin tersebut lokasinya berada di tempat mudik atau kampung halaman. Sudah didata di sana. Apakah lebih baik diberikan sekarang atau nanti kalau pulang kampung?

"Jangan. Selagi bisa disampaikan ke sana, sampaikan sekarang, lebih cepat lagi. Takut nanti berubah akibat tertundanya waktu," tegas Buya Yahya.

"Tapi ternyata kalau mengirim sekarang tidak bisa. Tidak ada transfer dan segala macam. Kalau diberikan di sini ternyata tidak fakir-fakir amat, di sana lebih membutuhkan, kemudian saya hari raya keberapa juga pulang. Maka, ditunda lebih bagus," lanjutnya.

Baca juga: Perbedaan Sedekah dan Amal Jariyah 

Buya Yahya menerangkan, tapi ada hal yang wajib diingat, niatnya mengeluarkan sedekahnya saat ini ketika Ramadan. Langsung dibungkusi sedekahnya. Jangan diganggu gugat. Sedekah tersebut sudah disiapkan diberikan kepada fakir miskin.

"Dikeluarkan saat itu, biarpun penyalurannya nanti. Artinya apa? Memulainya di bulan Ramadan. Itu lebih istimewa. Maksudnya daftarnya di bulan Ramadan agar setelahnya itu terus ngikut Ramadan, Ramadan, Ramadan. Karena Ramadan itu ada keistimewaan yang khusus yang tidak berada di tempat lain," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Buya Yahya mengatakan, kalau pertanyaannya, mana lebih bagus sedekah di bulan Ramadan atau Syawal? Para ulama sepakat di bulan Ramadan lebih utama.

"Tapi kalau ada pertanyaan, lebih baik sedekah di bulan Syakban atau Ramadan? Syakban kan sebelum Ramadan, maka yang lebih baik sedekah di bulan Syakban. Lebih cepat, lebih baik. Jangan menunda-nunda."

Baca juga: Arti Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf Uang 

Dia menambahkan, sedangkan sedekah antara bulan Ramadan dengan Syawal, maka Ramadan lebih didahulukan. Bulan Ramadan diimbau berbuat baik sebanyak-banyaknya. Biarpun misalnya hanya memulainya saja, seolah-olah lapor kepada Allah Subhanahu wa ta'ala:

"Yaa Allah, aku ingin amalku nanti dicatat sebagai amal di bulan Ramadan, maka ini saya daftar program pembangunan pondok pesantren. Jalani proyek lillahi ta'ala ini karena Allah di bulan Ramadan. Teken. Penyelesaiannya setelah bulan Ramadan," pungkas Buya Yahya.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini