Share

Surat Al Baqarah Ayat 284: Allah Maha Mengetahui Apa yang Ada di Pikiran dan Hati Manusia

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 330 2598416 surat-al-baqarah-ayat-284-allah-maha-mengetahui-apa-yang-ada-di-pikiran-dan-hati-manusia-PC3dn4CoN9.jpg Ilustrasi Alquran Surat Al Baqarah Ayat 284. (Foto: Salman Mardira/Okezone)

SURAT Al Baqarah Ayat 284 menyebutkan kebesaran Allah Subhanahu wa ta'ala dari apa yang ada di langit dan bumi. Dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang ada pada hati dan pikiran manusia.

لِّلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ وَإِن تُبْدُوا۟ مَا فِىٓ أَنفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُم بِهِ ٱللَّهُ ۖ فَيَغْفِرُ لِمَن يَشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS Al Baqarah: 284)

Dalam Tafsir Ringkas Kementerian Agama RI mengenai Surat Al-Baqarah Ayat 284 ialah Allah Azza wa Jalla Maha Besar karena kekuasanNya meliputi langit dan bumi serta alam semesta.

Allah juga Maha Mengetahui apa yang kamu sembunyikan dalam hati dan pikiran. Apa-apa saja yang disembunyikan itu akan masuk ke dalam perhitunganNya. Kelak akan ada balasan setimpal dari apapun tindakan itu.

Namun sesungguhnya Allah maha Pengampun dan penerima taubat. Apabila ada hambaNya yang menyesali perbuatan salahnya. Dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Allah Subhanahu wa ta'ala juga memiliki kuasa apakah akan menurunkan azab atau tidak kepada hambaNya yang bermaksiat. Sebenarnya, pilihannya kembali lagi kepada hamba itu sendiri. Jika ingin mendapat ampunan dan kasih sayang dari Allah Ta’Ala hendaknya segera bertaubat dan menyesali perbuatannya. Jika tidak, maka siap-siap atas pedihnya azab Allah Ta'ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi dalam Aisarut Tafasir menjelaskan, berdasarkan hadits shahih yang diriwayatkan dalam Kutubus sittah (kitab hadits yang enam),”Sesungguhnya Allah memaafkan bagi umatku demi aku apa yang mereka niatkan dalam hatinya selama tidak diucapkan atau dilakukan.”

Maksudnya adalah perhitungan atau hisab dari Allah akan dilakukan atas apa yang disembunyikan hambaNya baik berupa kesyirikan, kemunafikan serta keragu-raguaan.

Allah Subhanahu wa ta'ala akan membalas perbuatan itu semua kelak di hari akhir. Demikianlah penjelasan kandungan dan makna ayat dalam Surat Al Baqarah Ayat 284. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini