Share

Merinding Dengar Surat Al An'am, Pemuka Agama Ini Mantap Memeluk Islam

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 621 2603009 merinding-dengar-surat-al-an-am-pemuka-agama-ini-mantap-memeluk-islam-GNq6fa7k7h.jpg Ilustrasi mantan pemuka agama masuk Islam usai merinding baca Alquran Surat Al An'am. (Foto: Unsplash)

MANTAN pemuka agama di Mesir bernama Jamal Zakaria Armenius yang telah mengganti namanya menjadi Jamal Zakaria Ibrahim memiliki pengalaman unik ketika menjadi mualaf. Ia mencari kebenaran selama puluhan tahun lamanya. Sampai pada akhirnya meyakinkan hatinya dan menyambut hidayah Islam yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dikutip dari kanal YouTube Pintu Hidayah, Jamal Zakaria memeluk Islam setelah masa pencarian selama 30 tahun. Kisah ini ditulis oleh Syekh Mamduh Farhan ke dalam buku yang berjudul 'Kisah Para Muallaf yang Menakjubkan'. Di saat memasuki usia remaja, ia melihat gambar Al Masih yang tengah disalib dan bertanya kepada ayahnya.

Baca juga: Gara-Gara Lihat Video Mualaf, Wanita Cantik Ini Dapat Hidayah Islam dan Langsung Ucap Syahadat 

"Apakah dia itu Al Masih yang sebenarnya? Apakah dia itu adalah Allah sebagaimana yang mereka katakan? Lalu di mana Dia berada saat mereka menyalib-Nya? Lalu bagaimana perjalanan alam semesta ini saat Dia disalib?" Ayahnya terdiam seribu bahasa.

Setelah beranjak dewasa, Jamal bertanya kepada seorang pemuka agama mengenai hal tersebut. Tetapi tetap saja dia tidak menemukan jawaban yang memuaskan.

Baca juga: Ibu Ini Jadi Mualaf Usai Takjub Dengar Azan dan Sholawat Nabi, Anaknya Satu per Satu Ikut Masuk Islam 

Sampai pada suatu ketika sang pemuka agama memilih Jamal untuk menjadi perwakilan pertemuan secara nasional. Di sana dia mendapatkan tugas baru, yaitu untuk mempelajari isi Alquran dan mencari kesalahan di dalamnya, khususnya mencari ayat-ayat yang memiliki tafsir ganda.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Perlahan, Jamal mulai membuka Alquran secara acak. Niatnya dipenuhi dengan mencari banyak perkara dan kontradiksi di dalamnya. Namun tidak disangka, dia malah ditunjukkan pada Surat Al An'am yang memiliki arti "Sangat Mulia".

"Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman." (QS Al An'am)

Baca juga: Takjub Pertama Kali Lihat Masjid dan Dengar Azan, Bule Australia Ini Mantap Jadi Mualaf 

Di tengah pencarian itu, Allah Subhanahu wa ta'ala mempertemukan Jamal dengan seseorang ulama Islam yang memberikannya kesempatan untuk berdiskusi dengannya dan membaca buku-buku Islam. Ia pun terus memperdalam pengetahuannya sampai akhirnya dia dapat menemukan keagungan Islam.

Baginya, Islam adalah agama yang sempurna dan tidak ada kekurangan sedikit pun di dalamnya. Islam baginya adalah obat segala urusan manusia. Ketika masuk Islam, Jamal merasa dirinya terlahir kembali. Ia juga mendapatkan jawaban atas pertanyaannya selama ini.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini