Share

Di Makam Eril, Ridwan Kamil Beri Pesan untuk Arka Putra Bungsunya: Bismillah Kita Selesaikan Masjid Al Mumtadz

Hantoro, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 614 2611951 di-makam-eril-ridwan-kamil-beri-pesan-untuk-arka-putra-bungsunya-bismillah-kita-selesaikan-masjid-al-mumtadz-R2jbiKfxXO.jpg Ridwan Kamil, Arka, dan Atalia Praratya di lokasi pembangunan Masjid Al Mumtadz untuk Eril. (Foto: Instagram @ridwankamil)

DI makam putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi pesan menyentuh untuk anak bungsunya Arkana Aidan Misbach. Kepada adik Eril itu Kang Emil mengajak untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Al Mumtadz.

"Bismillah, kita mulai dengan menyelesaikan Masjid Al Mumtadz ini ya Arka," tulis Ridwan Kamil dalam unggahan di akun Instagram-nya @ridwankamil, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Masjid Al Mumtadz Miliki Arti Terbaik, Ridwan Kamil: Dear Eril, Kami Pilihkan Nama Penuh Doa Itu Untukmu 

Masjid Al Mumtadz untuk Eril. (Foto: Instagram @ridwankamil)

Kemudian Ridwan Kamil juga mengajak sang putra Arka meneruskan semangat Eril dalam membangun kehidupan yang lebih baik di dunia.

"Dear Arka, Saatnya kamu meneruskan semangat A Eril, membangun dunia yang lebih baik dan lebih mulia," ungkap Kang Emil.

Baca juga: Selain Al Mumtadz untuk Eril, Ini 5 Masjid Indah Rancangan Ridwan Kamil 

Tidak lupa, ia dan keluarga menegaskan akan mencintai dan mendidik Arka selayaknya terhadap Eril. "Kami akan mencintai dan mendidikmu, seperti kami mencintai dan mendidik A Eril," jelasnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Ridwan Kamil akan membangun Masjid Al Mumtadz untuk mengenang putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang meninggal dunia usai hilang tenggelam di Sungai Aare, Swiss, pada 26 Mei 2022. Jasad Eril ditemukan pada Rabu 8 Juni 2022 di Bendungan Engehalde, Bern.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Baik pemakaman maupun Masjid Al Mumtadz didesain sendiri oleh Ridwan Kamil. Lokasinya tepat di sebelah sungai kecil dengan pemandangan gunung dan sawah yang hijau di kampung halaman ibundanya Atalia Praratya di Cimaung, Kabupaten Bandung. Masjid tersebut diberi nama Al Mumtadz yang berasal dari nama Eril.

"Dear Eril, rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, masjid ini dinamai seperti namamu," tulis Ridwan Kamil dalam unggahan di akun Instagram-nya @ridwankamil beberapa waktu lalu.

Baca juga: Doa sang Nenek untuk Eril dan Kisah Kain Kafan Dibawa Ridwan Kamil ke Swiss 

Arti dari nama Masjid Al Mumtadz yang dipilih Ridwan Kamil dan Atalia Praratya adalah "Terbaik". Nama tersebut merupakan doa dari kedua orangtuanya untuk Eril.

"Terbaik adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu," pungkas Kang Emil.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini